Tips Menyimpan Sayur Dan Buah

13 Sep

Fruits and vegetable

Pada umumnya menyimpan sayur dan buah di kulkas bertujuan untuk menjaga kesegaran dan kualitas buah dan sayur tetap terjaga. Namun demikian bukan berarti bahwa semua buah  dan sayur baik disimpan di kulkas.

Berikut adalah Buah / sayur yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas:

Kentang

Menyimpan kentang dalam suhu dingin akan menyebabkan zat pati dalam kentang berubah menjadi gula. Kentang cukup disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Sebelum disimpan bungkuslah kentang dengan kantong kertas, agar tidak cepat membusuk.

Tomat

Menyimpan tomat dalam kulkas justru bisa membuatnya bertepung dan tidak bisa dimakan mentah-mentah. Simpanlah di meja yang tidak terpapar langsung oleh sinar matahari. Jangan sisakan irisan tomat saat memasak, karena sisa tomat meskipun disimpan di kulkas justru akan cepat membusuk.

Bawang

Bawang cukup disimpan di suhu ruang dan kering. Kulit bawang yang tipis justru menyebabkan cepat mengelupas di suhu dingin.

Alpukat

Jangan sekali-kali menyimpoan alpukat yang mentah dalam kulkas, karena justru akan menghambat proses pematangan.

Pisang

Pisang yang disimpan di kulkas justru menyebabkan kulit pisang menghitam dan busuk. Segeralah konsumsi pisang setelah matang

Melon

Buah melon akan lebih nikmat disajikan jika disimpan pada suhu ruang. Melon yang tidak disimpan dikulkas juga memiliki tingkat antioksidan lebih tinggi.

Kemangi

Menyimpannya terlalu lama di kulkas akan menyebabkan kemangi layu sebelum waktunya. Kemangi akan tetap segar bila disimpan di meja dengan suhu ruangan.

Selain hal-hal tersebuat ,beberapa tips untuk menyimpan buah dan sayur adalah :

Jangan menyimpan buah dan sayur bersama-sama. Buah yang mengeluarkan  etilena (zat pematangan) tinggi, dapat merusak sayuran di sekitarnya.
Untuk Sayuran: Sebelum menyimpan, buanglah ikatan  dan ratakan setiap ujung daun. Tinggalkan satu inci untuk menjaga sayuran menjadi kering. Bungkus dengan plastik, pastikan kantong plastik memiliki beberapa lubang untuk memungkinkan aliran udara yang baik. kemas sayuran secara longgar dalam lemari es. Semakin dekat mereka, semakin cepat mereka akan membusuk. Sayuran hijau dapat dicuci sebelum menyimpan dengan merendam mereka dalam bak penuh air, sementara herbal lembut dan jamur tidak harus dicuci sampai tepat sebelum mereka digunakan.
Untuk Buah: buah batu Non-cherry, alpukat, tomat, mangga, melon, apel, dan pir akan terus matang jika dibiarkan duduk di meja, sementara barang-barang seperti paprika, anggur, jeruk semua, dan berries hanya akan memburuk dan harus didinginkan. Pisang khususnya matang sangat cepat, dan juga akan mempercepat pematangan buah apapun di dekatnya.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: