Bukan Asal Kekinian, Menggendong Bayi Juga Ada Ilmunya

20 Agu

Masih Belajar, Belum Posisi Optimal

Suatu ketika aku lihat postingan IG salah satu teman yang mengunggah foto dirinya tengah menggendong anak, dengan caption menarik, yang intinya betapa nyamannya cara ia menggendong anaknya dengan kain jarik dan gak bikin pegel. Sebagai emak yang masih punya dua balita, tentu saja jadi kepo, Sebab dari dulu tahunya nggendong pakai jarik ya caranya seperti pada umumnya orang tua jaman dulu , cuma kainnya diselipkan bagian bahu yang terkadang bikin pegel dan kurang kenceng juga sehingga mudah lepas.

Karena penasaran, aku stalking tuh, IG nya Indonesian_Babywearers . Dan dari situ aku baru tahu , ternyata ada Groupnya juga di facebook, Yang mau join tinggal klik saja di sini .   Batinku,  Yaelah urusan gendong bayi saja bahasannya bisa panjang kali lebar. Tengok saja di website : babywearinginternational.org, di situ malah lebih lengkap banget. Untuk saat ini aku sendiri masih dalam proses belajar bagaimana menggendong yang optimal. Bukan untuk kekinian, apalagi sekedar ikut – ikutan artis (belakangan aku tahu kalau ada artis yang ternyata jadi bahan bully an karena cara ngendi ngnyatakake yang nggak biasa) karena namanya ilmu kan berkembang, bisa jadi yang dahulu dianggap benar dikemudian hari ternyata keliru. Contoh saja, dulu bayi baru lahir dibedakin seluruh badan bahkan muka, ternyata itu tak baik untuk kesehatan. Dulu merawat tali pusar bayi pakai betadine, bisa sampai seminggu lebih nggak puput ( terlepas )sekarang ngga pakai apa-apa ternyata malah cepat puput.

Beberapa poin penting mengenai menggendong bayi diantaranya :

Pentingnya Posisi Bayi.

Posisi M Shape ( Bentuk Huruf M ).

Ini adalah posisi ideal, dimana kedua sendi panggul tidak terganggu perkembangannya, sekaligus juga tetap menjaga agar bentuk tulang belakang tetap di posisi melengkung (sesuai bentuk anatomis bayi menurut umur).

Perhatikan bahwa tidak ada yang menekan pantat bayi di bagian bawah, body panel bagian bawah juga lebar, kain/bahan gendongan bagian bawah menopang kedua paha, lutut menjadi lebih tinggi daripada pantat, dan punggung bayi akan melengkung, disangga oleh body panel/kain gendongan.

TICKS

Apa itu TICKS? Itu adalah poin-poin saat menggendong bayi yang harus kita ingat.

Tight = ketat, bayi tuh serasa dipeluk mamanya.

Invisible = bayi selalu terlihat, bukan mendelep ke dalam.

Close enough to kiss = bayi bisa dicium saat digendong.

Keep chin off the chest – dagu bayi jangan sampai ketekuk ke arah dada. Support back = gendongan yang dipake bisa menyangga punggung bayi.

Info Grafis Posisi Optimal Bayi/Anak  Sesuai Usia bayi dan Menurut Jenis Gendongan :

 

sumber :

https://www.facebook.com/groups/IndonesianBabywearers/files/

https://babywearinginternational.org/what-is-babywearing/resources-for-educators/

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: