Menjalani Kehamilan di Usia 40an

6 Agu

Setelah Kenzie lahir di tahun 2013,kupikir nggak bakalan lagi.Ternyata empat tahun kemudian, tanpa diduga aku kembali diberi kepercayaan lagi. Perasaan bahagia, tak percaya, cemas, galau,bercampur jadi satu. Bahagia dan bersyukur karena kehadiran anak adalah anugerah, tak percaya karena selama ini kami menjalani KB dengan cukup disiplin, sedikit cemas mengingat usia yang sudah menginjak kepala empat.

Sependek pengetahuan saya, kehamilan pada usia lebih dari 35 tahun, masih ditambah dengan riwayat melahirkan lebih dari empat  termasuk kehamilan resiko tinggi. Memang, terkadang ada rasa sedikit cemas, namun saya selalu berusaha yakin dan optimis bahwa aku dan bayiku baik-baik saja.

Selama menjalani kehamilan kemarin, aku selalu memeriksakan diri secara teratur, baik ke bidan, Puskesmas maupun ke dokter spesialis kandungan. Bahkan kurang lebih 8 kali periksa USG,meskipun sebenar tidak perlu sebanyak itu. Alhamdulillah selama periksa tensi dan kenaikan berat badan normal-normal saja.

Selain rajin memeriksakan diri, aku juga berusaha makan dan olahraga secara teratur, terutama menginjak trimester kedua,karena saat trimester pertama masih mual – mual, jadi tak bisa makan secara teratur. Untuk olahraga paling jalan – jalan dan Yoga di rumah.

Menginjak trimester ketiga, Alhamduliilah tidak ada keluhan yang berarti. Hanya kaki kadang bengkak, terutama  jika karena tuntutan pekerjaan, mengharuskan aku untuk duduk berlama-lama di depan komputer. Tapi alhamdulilah hanya berlangsung dua tiga hari. Jika kaki mulai bengkak lagi, pasti aku sempatkan jalan-jalan sebentar di sela-sela pekerjaan , dan cara tersebut ternyata cukup ampuh untuk mencegah kaki kembali bengkak.

Meski tidak ada keluhan yang berarti,  cek rutin tetap aku lakukan, tiap bulan USG. Rasanya seneng aja , bisa ngintip debay di perut. Boleh dikatakan salah satu momen yang selalu kurindukan saat hamil ya USG. bahagia rasanya ketika mengetahui perkembangan debay sehat. Selain USG, aku juga cek laborat, periksa darah lengkap, ( HB, Leukosit, dll ), Gula darah, dan Protein Urine, dan hasilnya semua dalam batas normal.

Dan, bertepatan hari kelima dibulan Ramadan, dedek lahir normal. Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan. Begitu banyak kemudahan yang diberikan olehNya.

Tinggalkan Balasan

