Kindle Paperwhite: Membaca Ebook Senyaman Membaca Buku

10 Mar

image

Beberapa waktu yang lalu aku putuskan untuk membeli sebuah perangkat pembaca ebook ( ebook reader ). Sebenarnya sudah sejak tiga tahunan  yang lalu aku menginginkannya. Waktu itu aku membaca salah satu teman facebook yang menggunakannya. Namun keinginan itu aku abaikan karena mengingat harganya yang cukup mahal untuk sekedar pembaca ebook dan barangnya juga susah didapat di Indonesia. Waktu itu smartphone saja belum punya. Hingga akhirnya sebuah peristiwa terjadi dan aku harus kehilangan puluhan buku-buku yang aku miliki dengan membelinya sedikit demi sedikit . Ada buku fiksi, non fiksi ( ensiklopedi , buku-buku pelajaran, motivasi, parenting, pengembangan diri )  . Ingin mengumpulkan lagi sedikit demi sedikit, rasanya masih ada perasaan trauma. Dalam hati aku berfikir, mungkin lebih baik tidak usah mengkoleksi buku fisik / kertas.  Inilah alasannya mengapa akhirnya aku memutuskan untuk membeli ebook reader.

Hasil googling sana-sini , pilihan jatuh pada Kindle Paperwhite 2015, aka Kindle Paperwahite 3. keluaran Amazon.com.  Sebenarnya bisa saja sih, membaca ebook di HP atau di laptop, tapi rasanya kok kurang praktis. Memang si, Ebook Reader ini hanya berfungsi untuk membaca Ebook. Namun ada kelebihan yang tak dimiliki oleh perangkat lain semisal Hp atau PC.

Di antaranya adalah :

Layarnya yang berteknologi e-Ink Carta dengan resolusi 1072 x 1448, membuat mata menjadi sangat nyaman saat membaca serta tidak perih di mata bila digunakan dalam waktu lama. Tampilan layarnyapun  sangat mirip dengan kertas putih. Selain itu kita bisa membaca dengan jelas dan nyaman sekalipun di luar rumah dengan teriknya matahari, namun juga nyaman dipakai dalam kondisi gelap di malam hari. Layar e-Ink ini berbeda dengan layar LCD yang digunakan oleh Komputer, Notebook, Tablet PC atau HP.

Dengan perangkat ini kita bisa membeli atau mendownload buku-buku gratis di situs amazon.com. Untuk ini, perangkat harus terhubung wifi. Kindle paperwhite ini support untuk beberapa format ebook, diantaranya Kindle Format 8 (AZW3), Kindle (AZW), TXT, PDF non DRM, unprotected MOBI, PRC natively. Untuk format ebook dari Amazon sendiri adalah AZW3. Asiknya membaca ebook dengan perangkat ini , kita bisa mengatur font, margin, maupun jarak baris sesuai dengan keinginan kita. Saat kita mengubah font, margin maupun jarak baris, nomor halaman otomatis akan berubah. Hanya sayangnya, untuk file berformat PDF tidak didukung pengaturan seperti ini, namun jangan khawatir, kita bisa menginstall software Calibre pada laptop atau PC untuk mengkonfert file tersebut agar menjadi format ASW3 untuk selanjutnya dikirimkan ke perangkat eReader kita .

Dengan display 169mm X 117mm, perangkat ini cukup pas di genggaman. eReader ini memang tidak dilengkapi dengan slot external memori, tapi dengan berbekal 4GB memori, eReader ini sudah mampu menyimpan ribuan ebook.
image

Yang disayangkan kebanyakan buku-buku yang bisa di download gratis di amazon.com merupakan buku-buku berbahasa asing, sementara aku tak begitu menguasai bahasa asing. Sedangkan buku – buku baru semacam yang di Gramedia kebanyakan tidak dijual dalam versi ebooknya.
Untuk daya tahan baterai, Amazon mengalami bahwa baterai ini mampu bertahan selama delapan minggu.
Spesifikasi lengkap
Display: Amazon’s 6″ Paperwhite display with Carta e-paper technology and built-in light, 300 ppi, optimized font technology, 16-level gray scale
Size: 6.7″ x 4.6″ x 0.36″ (169 mm x 117 mm x 9.1 mm)
Weight: Wi-Fi: 7.2 ounces (205 grams), Wi-Fi + 3G: 7.6 ounces (217 grams)
System Requirements: None; fully wireless and doesn’t require a computer to download content
On-Device Storage: 4 GB; holds thousands of books
Battery Life: A single charge lasts up to six weeks, based on a half hour of reading per day with wireless off and the light setting at 10. Battery life will vary based on light and wireless usage
Charge Time: Fully charges in approximately 4 hours from a computer via USB cable
Wi-Fi Connectivity: Supports public and private Wi-Fi networks or hotspots that use the 802.11b, 802.11g, or 802.11n standard with support for WEP, WPA and WPA2 security using password authentication or Wi-Fi Protected Setup (WPS)
Content Formats Supported: Kindle Format 8 (AZW3), Kindle (AZW), TXT, PDF non DRM, unprotected MOBI, PRC natively.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: