Jangan Menilai Orang Hanya Dari satu Sisi

11 Nov

elephant

3 orang tuna netra sebutlah dengan nama A, B dan C mengunjungi kebun binatang . Kepada mereka ditunjukkanlah seekor gajah. Karena mereka tuna netra, tentu saja tidak bisa melihat gajah tersebut dengan indra penglihatan mereka. Maka ketiganyapun menggunakan indra peraba untuk mengetahui, seperti apakah gajah. Dan ternyata, saat ketiga tuna netra tersebut  ditanya seperti apakah gajah , masing-masing punya deskripsi yang berbeda-beda.  Si A berkesimpulan gajah itu kecil seperti belut. Kemudian si B membatah, karena menganggap gajah besar seperti ular. Si C pun ikut menimpali dan berpendapat bahwa gajah itu itu gepeng dan bulat.

Ternyata, Si A meyakini gajah itu kecil seperti belut karena yang ia raba dan pegang adalah ekornya. Si B berbeda dengan A, ia meyakini gajah besar seperti  ular karena yang ia raba dan pegang pada bagian belelainya. Kemudian si C berbeda jauh dengan A dan B, ia meyakini gajah itu itu gepeng dan bulat karena yang ia raba dan pegang pada bagian daun telinganya.

Jangan Menilai Orang

Begitulah gambaran bila kita tidak melihat atau menilai sesuatu hal secara menyeluruh. Semua dinilai tanpa melihat dari sisi yang berbeda. Dan hal ini sering terjadi   di sekitar kehidupan nyata. Menurutku sangatlah tidak bijak jika kita menilai seseorang dari satu sisi belaka, apalagi yang seringkali mudah terlihat adalah sisi buruknya saja. Jika demikian adanya, maka tak ada manusia yang sempurna. Apalagi jika kita belum begitu mengenal, atau hanya mengenal berdasarkan “katanya-katanya” saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: