Gangguan Tidur Pada Anak

13 Agu

Tidur adalah keadaan istirahat alami pada semua makhluk hidup dan tidur penting untuk kesehatan. Tanda-tanda kehidupan seperti kesadaran, impuls dan frekuensi pernafasan mengalami perubahan. Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik dan saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem syaraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang.

Tidur merupakan salah satu fungi dari otak, dimana bila fungsi ini terganggu tentu dapat mnyebabkan masalah pada diri individu.
Tidur merupakan kebutuhan penting pada anak, sama pentingnya dengan kebutuhan nutrisi. Tidur merupakan aktivitas utama otak sepanjang awal perkembangan anak.
Tidur nyenyak = otak optimal. Para ahli banyak mengulas bahwa tidur merupakan salah satu rangsang bagi tumbuh kembang otak. Bahkan, aktivitas yang satu ini jadi ‘pintu’ dari tumbuh kembang otak bayi selanjutnya agar cerdas, berakal, dan berpikiran jernih. Sebabnya, sekitar 75% hormon pertumbuhan dikeluarkan pada saat  bayi tidur, khususnya awal tahap ke-3 dan ke-4 tidur. Tingginya kadar hormon pertumbuhan ini erat hubungannya dengan kondisi fisik bayi karena hormon ini punya tugas merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, serta mengatur metabolisme tubuh, termasuk juga otak bayi!
Di samping itu, hormon pertumbuhan juga memungkinkan tubuh bayi memperbaiki dan memperbaharui seluruh sel yang ada di tubuh. Mulai dari sel kulit, sel darah sampai sel saraf otak. Nah, proses pembaharuan sel ini akan berlangsung lebih cepat lagi ketika bayi terlelap daripada saat bayi bangun!

FISIOLOGI DASAR TIDUR

Tahapan tidur pada anak dan orang dewasa ternyata terdapat pula pada bayi baru lahir yaitu, tidur tenang atau nonREM (non rapid eye movement) dan tidur aktif atau REM. Pada bayi normal, anak dan orang dewasa mempunyai periode REM dan nonREM yang berubah-ubah beberapa kali selama tidur malam hari.

Pada masa bayi, terjadi beberapa perubahan. Pola siklus tidur-bangun baru jelas terlihat pada umur 3-4 bulan, dimana proporsi tidur mulai lebih banyak pada malam hari. Umumnya morning naps berhenti pada umur 1 tahun dan afternoon naps terus berlangsung hingga umur 3 tahun.

Kebutuhan Tidur Normal Pada Anak

  • usia 1-4 bulan : 14 ½ – 15 ½ jam per hari
  • usia 4-12 bulan : 14 – 15  jam per hari
  • usia 1-3 tahun : 12 – 14 jam per hari
  • usia 3-6 tahunn :  10 ¾  – 12 jam per hari

GANGGUAN TIDUR PADA ANAK

Bukan tanpa alasan jika bayi dianjurkan banyak tidur. Selain merangsang tumbuh kembang otak, hormon pertumbuhan pun dikeluarkan saat bayi tidur.Gangguan tidur dapat menyebabkan kesusahan dan ketidaknyamanan, fungsi siang hari terganggu dan komplikasi serius.Gangguan tidur pada anak ternyata cukup sering dialami oleh orangtua tetapi sayangnya kondisi ini jarang ditangani secara serius dan dianggap biasa. Diduuga sekitar 20-40 anak usia di bawah 3 bulan mengalami gangguan tidur. Dalam usia 6 bulan sampai 2 tahun sekitar 30% anak diduga mengalami gangguan tidur dan sekitar 20% anak usia 2-5 tahun mengalaminya. Bila gangguan ini tidak tertangani serius ternyata dapat disertai berbagai gangguan perilaku dan gangguan belajar

Lalu apa yg dimaksud dgn gangguan tidur pada balita?
Mnrt dokter Rini Sekartini SpA (konsultan tumbuh kembang anak), balita dikatakan mengalami gangguan tidur jika pada malam hari tidurnya kurang dari 9 jam, terbangun lebih dari 3 kali dan lama terbangunnya lebih dari 1 jam. Selama tidur bayi terlihat selalu rewel, menangis dan sulit jatuh tidur kembali.

Lantas apakah penyebabnya, bagaimana tanda-tandanya dan cara mengatasinya, bisa dibaca di artikel ini dan ini

 

Iklan

Satu Tanggapan to “Gangguan Tidur Pada Anak”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Efek Dan Cara Mengatasi Gangguan Tidur Pada Anak | Catatan Bunda - 13 Agustus 2015

    […] Tulisan ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya mengenai gangguan tidur pada anak. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: