Tips Membawa Anak Ke Tempat Kerja

30 Mei
Bawa Anak Ke Tempat Kerja

foto : dreamstime.com

 

Membawa anak saat bekerja sudah beberapa kali aku lakukan, terutama saat shift malam. Sebenarnya membawa anak ke tempat kerja bukan sesuatu yang dianjurkan. Selain lingkungan kerja yang pada dasarnya tidak diperuntukkan untuk anak-anak atau balita, kehadiran anak-anak juga kadang mengganggu konsentrasi dalam bekerja. Tapi entahlah, karena terbiasa tidur bersama si kecil, rasanya ada sesuatu yang kurang ketika harus tidur tanpa si kecil. Sebelum memutuskan membawa anak ke tempat kerja , biasanya aku mempersiapkan dan mempertimbangkan  hal-hal berikut:

  • Mengkomunikasikan dengan anak. Sebelum mengajak anak, aku akan memberitahu kepada anak, pada intinya anak diajak bukan untuk bersenang-senang, bukan di rumah sendiri,  melainkan untuk menemani bundanya yang sedang bekerja. Biasanya sebelum diajak ada beberapa komitmen yang harus dipatuhi bersama-sama. Hal ini berlaku untuk anak yang sudah bisa diajak berkomunikasi.
  • Usia anak. Untuk anak menjadi pertimbangan, karena erat kaitannya dengan kemandirian anak. Aku sendiri tidak membawa anak di bawah usia dua tahun, kecuali benar-benar terpaksa. Karena di usia ini anak masih sulit diajak berkompromi. Takutnya malah akan mengganggu pekerjaan kita maupun orang lain. Pada usia ini rasa ingin tahu dan jiwa ekplorasinya juga besar, dikhawatirkan akan merusak sarana maupun alat-alat yang ada di tempat kerja.
  • Pastikan lingkungan kerja kondusif dan aman tidak banyak benda-benda yang sekiranya mambahayakan anak.
  • Waktu yang tepat. Pilihlah hari-hari yang sekiranya tidak begitu sibuk dan tidak sedang diberi suatu tugas yang padat, atau tidak sedang dikejar deadline. Aku sendiri hanya berani mengajak anak saat kerja malam ataupun sore di tanggal-tanggal merah, karena relatif lebih santai. Selain itu, karena pada shift-shift tersebut yang bertugas hanya satu orang, diriku sendiri tanpa orang lain, sehingga tidak ada kekhawatiran kalau kehadiran anak kita akan menganggu kenyamanan rekan kerja yang lain.
  • Membawa berbagai macam perlengkapan. Salah satunya adalah mainan, karena anak cenderung merasa cepat bosan. Ngga nyaman kan kalau belum usai jam kerja tiba-tiba anak minta pulang karena bosan. Perlengkapan lain yaitu diapers, karena anakku masih suka ngompol. Dan tak kalah penting adalah makanan ringan  agar anak tidak kelaparan.
  • Pastikan bahwa atasan kita mengetahui dan mengijinkan kita membawa anak ke tempat kerja.

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: