Token Diblokir, Gara-gara Malas Baca Buku Petunjuk

19 Mar

Blokir

Meskipun sudah hampir satu bulan mendaftar Internet Banking di Bank Mandiri, tapi belum pernah sekalipun memanfaatkan layanan ini untuk melakukan transaksi keuangan, karena disamping memang belum ada keperluan , koneksi internet yang sering lelet juga menjadi kendala tersendiri. Nah, kebetulan malam ini koneksi agak bersahabat.  Aku coba login, sekedar ingin mengetahui mutasi rekening, plus siapa tahu ada yang transfer salah masuk, kan lumayan..hahaha..

Setelah berhasil login, penasaran juga, gimana si bertransaksi via Internet Banking. Pertama aku coba beli pulsa. Niatnya sih beli 10 ribu aja, karena semenjak ada paket data, aku  sudah jarang sms tau telpon-telponan, kecuali memang terpaksa, maklumlah biarpun sudah ada paket data, kenyataanya masih ada saja yang suka cara-cara komunikasi konfensional ala sms -an. Setelah mengikuti beberapa langkah, tak tahunya pembelian pulsa minimal 25.000. Untuk melakukan transaksi via Internet Banking, diharuskan pakai token.  Nah pas diharuskan beberapa angka, ternyata aku melakukan kesalahan. Bolak balik aku coba, ngga jadi juga .  Ternyata, setelah aku baca di buku petunjuk, ada langkah yang terlewatkan. Tanpa disadari aku sudah menginputkan lebih dari tiga kali angka yang salah, hingga muncul, tulisan seperti gambar diatas.

Menurut buku petunjuk yang belakangan baru aku baca, untuk melakukan transaksi , ada beberapa langkah yang harus dilakukan , yaitu :

  1. Aktifkan token dengan menekan tombol merah pada keypad
  2. Pada layar token akan ter-dispalay : PIN _ _ _ _ _ _
  3. Masukkan 6 digit angka password token Anda .
  4. Pada layar akan ter-display : APLY
  5. Tekan angka 1 ( satu) pada keypad ( metode aply 1 ) dan pada layar akan tampil : _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
  6. Lihat angka yang terdapat pada kolom ” Challenge Code ” pada layar konfirmasi Mandiri Internet Anda .
  7. Masukkan seluruh angka yang terdapat pada “Challenge Code” di layar komputer token Anda.
  8. Kemudian tekan tombol merah selama tiga detik hingga layar pada pin token berubah.
  9. Pada layar token Anda akan tampil enam digit nomor PIN token
  10. Masukkan 6 digit nomor PIN tersebut pada konfirmasi Mandiri Internet Anda di kolom ” asukkan PIN token Anda untuk konfirmasi:.
  11. Tekan tombol “kirim ” setelah Anda memeriksa seluruh data konfirmasi.
  12. Tekan tombol erah untuk kembali ke menu APPLY
  13. Tekan tombopl merah lagi untuk mematikan token
  14. Selesai

Hingga langkah ketujuh semua berjalan lancar. Hanya setelah itu , kok bingung karena belum baca buku petunjuk , tak kira tinggal APLY dengan pencet tombol satu, ee malah terketik angka satu, kurang yakin aku coba ketik angka dua, ternyata salah juga. Ahirnya aku coba ketik pin token, salah juga, hingga berulang ,dan muncul tulisan kalau 3 kali salah , token diblokir .

Haduh, baru pertama kali bertarnsaksi malah langsung kena blokir. Penasaran aku coba googling, siapa tahu bisa membuka blokir via email atau apa, ternyata banyak juga yang mengalami hal yang sama denganku. Ternyata memang harus  ujung-ujungya harus mendatangi kantor Cabang terdekat Yaa..itu artinya harus bersiap untuk antri lagi..Soo..pelajaran yang bisa diambil, baca selalu buku petunjuk sebelum mengunakan sesuatu..

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: