Refleksi Bulan Februari 2015

12 Mar

To Do ListPada awal bulan Februari kemarin aku sempat membuat semacam ” To Do List ” , berisi kegiatan yang mesti aku lakukan dalam sebulan. Dari mulai kegiatan harian, hingga mingguan. Hal ini aku lakukan karena aku merasa bahwa selama ini aku masih belum bisa konsisten dalam menjalani peran sebagai ibu rumah tangga. Banyak tugas sebagai ibu rumah tangga yang masih sering terabaikan. Diantaranya tugas menyiapkan sarapan setiap pagi, mendampingi anak-nak belajar. Disamping tugas-tugas rumah tangga , ada juga jadwal kegiatan yang aku buat dalam rangka pemberdayaan diri, dan merubah gaya hidup lebih sehat.

Beberapa daftar kegiatan yang telah aku buat adalah :

  1. Bangun pagi dan menyiapkan sarapan ( tiap hari )
  2. Mendampingi belajar anak ( tiap hari )
  3. Membacakan cerita sebelum tidur ( 3 x / minggu )
  4. Belanja Keperluan dapur ( 2 x / minggu )

Dari beberapa ” To do list ” yang telah aku buat ternyata tidak semua bisa aku realisasikan. Bahkan ada beberapa poin yang sangat-sangat kurang.  Untuk poin pertama , bangun pagi sudah lumayan 75 % tercapai. Demikian juga untuk poin ke empat. Yang sangat parah adalah kedua dan ketiga. Dari target tiap hari mendapingi anak belajar paling hanya sekitar 10 %. Penyebabnya, karena terkadang susah mendapat kesempatan yang pas. Dalam arti, ketika anak-anak lagi mood belajar, akunya lagi disibukkan pekerjaan. Terkadang juga, sudah sama-sama mood, hanya aku yang belum mampu menghandle semuanya, maklum masih punya dua balita yang tak mau ketinggalan pengin pinter juga. Tapi sebenarnya semua itu cuma alasan saja siii, yang bener ya karena terkadang malas dan ngantuk mengalahkan segalanya. Susaaah…Meski belajar menerapkan manajemen waktu lagi nih..

Sedangkan ” To Do List ” yang aku buat dalam rangka untuk pengembangan diri dan menerapkan pola hidup lebih sehat diantaranya :

  1. Update blog ( 2 x / minggu )
  2. Tilawah  ( 2 x / hari )
  3. Baca buku ( 2 buku / bulan )
  4. Minum Jeniper ( Jeruk Nipis Peras , tiap hari )
  5. Sehari satu kali nasi.

Lagi-lagi, dari lima daftar tersebut belum semua tercapai juga. Pertama, update blog dua kali seminggu. Mestinya dalam sebulan minimal posting delapan tulisan, tapi nyatanya, bulan Februari kemarin cuma berhasil posting dua tulisan, itu berarti cuma tercapai 25 % saja. Untuk yang kedua, juga masih bolong-bolong. Untuk poin baca buku, satu bulan pun belum kelar satu bukupun. Keempat, minum Jeniper, awalnya sudah cukup rutin, tapi kalau sudah ketabrak dines malem akhirnya berhenti lagi. Mungkin hanya tercapai 50 % saja. Kenapa pakai mungkin, karena aku sendiri ngga pernah mencatat..haaa…Inilah yang parah, sudah bikin to do list tapi ngga diisi. Kalau sehari sekali nasi Alhamdulillah, bolongnya cuma dikit aja.

Memang si, masih banyak yang belum terealisasikan, tapi Insya Allah akan senantiasa berusaha..Mencoba dan gagal adalah hal yang biasa. Tetep semangat…Semoga di bulan Maret ini bisa lebih konsisten.  🙂 🙂

 

5 Tanggapan to “Refleksi Bulan Februari 2015”

  1. inyongtakon 14 Maret 2015 pada 17.10 #

    Ora konsisten?

Tinggalkan Balasan

