Memahami Bagaimana Anak-anak Belajar

2 Mar

Children

Anak-anak belajar melalui pengulangan. Untuk bisa melakukan sesuatu dengan baik  seperti merangkak, berjalan , makan  minum sendiri, berbicara , diperlukan latihan yang berulang-ulang.  Dengan mengulang-ulang , anak akan mampu menguasai sesuatu hal, hingga anak benar-benar bisa . Hal ini akan membangun rasa percaya diri untuk mencoba hal-hal baru. Maka bersabarlah, dan bersiaplah untuk mendampingi anak dalam mengulang-ulang sesuatu.

Anak-anak suka mengeksplorasi dan menemukan. Berikan jenis mainan anak atau buku-buku yang memiliki bagian bergerak , bisa  diubah-ubah , di buka-buka dan bisa dipindah-pindah. Hal ini memungkinkan anak untuk melihat apa yang terjadi ketika ia melakukan sesuatu terhadap mainan yang ia miliki. Ketika mendampingi anak bermain, cobalah untuk meminta nak melakukan sesuatu dengan disertai alasan. Katakanlah, misalnya, “Coba memindahkan truk  dari tangga sehingga tidak ada yang jatuh di atasnya”, bukan hanya sekedar mengatakan  “Pindahkan .”

Berikan kesempatan pada anak untuk  menyelesaikan tugas.Cobalah menahan diri untuk tidak membantu, jika nak tidak meminta.” Pujilah setiap usaha yang anak lakukan,  bukan hasil. Biarkan anak  mencoba hal-hal yang menantang. Dia akan merasa berhasil bila ia dapat melakukan sesuatu yang dia pikir itu sulit.

Ketika anak  melakukan sesuatu yang salah, kritiklah  perilakunya yang salah, bukan diri anak itu sendiri . Sebagai contoh demikian. Seorang anak memukul adiknya. Maka yang dikatakan orang tua kepada anak bukan  dengan  mengatakan “Kamu adalah anak nakal!” tapi cobalah untuk mengatakan  ” Ibu menyayangimu, tapi tidak baik memukul adik . Ibu marah karena kamu  melakukan itu”. Ini membantu anak belajar bahwa tidak benar  untuk melakukan hal-hal tertentu, tanpa menimbulkan rasa takut terhadap anak , bahwa ia sudah tidak dicintai lagi.

Biarkan anak  melakukan banyak hal dengan dirinya sendiri. Anak-anak perlu diawasi dengan ketat, namun berilah kesempatan kepada mereka juga untuk  belajar untuk menentukan  pilihan dan membangun kepercayaan , misalnya dengan  berpakaian sendiri

Berkomunikasi dengan  berbicara, membuat gerakan, bernyanyi, dan membaca. Anak-anak biasanya akan senang ketika orang tua membacakan buku. . Membaca bersama-sama memberikan   kesempatan kepada anak untuk belajar tentang bahasa dan menikmati suara orang tua.

Bermain merupakan cara lain untuk  anak-anak belajar. Bermain membantu anak-anak belajar untuk memecahkan masalah, melatih motorik kasar maupun halus.  Ketika mereka menumpuk balok, anak-anak belajar tentang warna, angka, geometri, bentuk, dan keseimbangan. Bermain dengan orang lain membantu anak-anak belajar bagaimana untuk berbagi .

Iklan

Satu Tanggapan to “Memahami Bagaimana Anak-anak Belajar”

  1. rikacandraputri 20 Maret 2015 pada 08.02 #

    Reblogged this on rikacandraputri83.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: