5 Manfaat Membacakan Buku Sebelum Tidur

1 Feb

baby reading

Dari dulu niat membacakan cerita untuk anak-anak sebelum tidur sudah ada. Namun ternyata susah sekali untuk mewujudkannya. Terkadang hanya berlang satu dua hari, setelah itu berhenti. Ya..memang seperti yang sudah pernah aku tuliskan dalam posting sebelumnya, bahwa menjaga konsistensi itu tidak mudah. Banyak godaan, entah itu rasa malas, ngantuk , lelah yang seharusnya bisa dilawan. Walaupun kemarin-kemarin gagal mewujudkan keinginan tersebut, namun sebagai orang tua yang ingin senantiasa berproses menjadi lebih baik, untuk tahun 2015 ini , membacakan cerita, meskipun aku belum berani mentargetkan tiap hari, kembali aku masukkan dalam daftar kegiatan mingguanku.

Membaca buku untuk anak-anak meskipun bukan hanya hal yang menyenangkan untuk dilakukan , tapi penting penting bagi perkembangan anak-anak. Ritual membacakan buku setiap hari, terutama pada waktu tidur, juga membantu dalam perkembangan emosi bagi anak. Hal ini disebabkan karena :

  1. Membacakan buku di malam hari dalam suasana yang tenang membantu anak-anak lebih siap untuk tidur. Setelah siang hari aktif dengan kegiatan bermain, menonton televisi atau bermain game, maka menghabiskan 10-15 menit untuk diam dan mendengarkan cerita membantu anak menjadi tenang. Berfokus pada suasana yang tenang akan memperlambat pikiran bawah sadar dan tubuhpun menjadi lebih rileks , baik bagi anak maupun orang tua
  2. Melihat buku sambil sambil mendengarkan orang tua membacakannya, membantu anak-anak siap untuk membaca. Ketika dibacakan buku, anak akan mendengarkan sekaligus melihat apa-apa yang tertera di buku, meskipun ia belum bisa membaca. Aanak akan belajar seperti apa huruf terlihat, bagaimana kata-kata yang terbuat dari kelompok huruf. Anak-anak juga akan melihat bahwa halaman yang dibaca dari kiri ke kanan dan atas ke bawah . Ini adalah hal-hal dasar, yang tidak akan diketahui anak secara otomatis. Selain itu, membaca membantu anak belajar kosa kata baru dan beberapa perbedaan antara bahasa lisan dan tulisan.
  3. Membaca membantu membangun imajinasi anak-anak. rus terlibat otaknya. Ketika dibacakan buku, bagaimanapun anak dituntut untuk memiliki gambaran di kepalanya tentang apa yang diceritakan dalam sebuah buku, hal ii akan menciptakan pengalaman tersendiri dalam pikirannya. Anak-anak yang nikmati membaca juga menikmati melihat buku sendiri, dengan menggunakan pikiran dan memori mereka untuk menceritakan kembali . Inilah bedanya dengan ketika anak menonton acara televisi,
  4. Membaca membantu anak-anak belajar tentang dunia mereka. Buku anak-anak, terutama buku bergambar, sering memperkuat peristiwa yang akrab dengan dunia nak-anak.
  5. Membacakan buku untuk anak-anak memperkuat ikatan emosional orang tua dan anak. Membacakan buku sebelum tidur merupakan kegiatan terakhir disetiap hari yang telah dilalui orang tua dan anak dalam suasana yang tenang . Saat dibacakan buku, tak jarang anak akan menanyakan perihal buku yang dibacakannya. Ini adalah sebuah komunDisinilah terjadi komuniikasi anak dan orang tua yang akan memperkuat ikatan batian anak dan orang tua.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: