Minum Perasan Jeruk Nipis Dalam Kondisi Perut Kosong, Siapa Takut ?

31 Jan
ilustrasi : dreamstime.com

ilustrasi : dreamstime.com

Salah satu ” To Do List ” harianku di tahun 2015 adalah minum jeruk nipis peras setiap pagi. Bukan tanpa alasan mengapa ritual ini aku masukkan ke dalam daftar kegiatan harianku, mengingat manfaat yang begitu banyak. Sebagian orang mungkin takut meminum perasan jeruk nipis hangat dalam kondisi perut kosong karena takut akan menyebabkan perut terasa perih . Tapi Alhamdulillah setelah mencoba beberapa hari ternyata tak merasakan keluhan apa-apa.

Menurut informasi dari berbagai sumber,  meminum perasan jeruk nipis hangat setiap pagi mempunyai beberapa manfaat , antara lain ;

  1. Menyehatkan pencernaan . Perasan jeruk nipis atau lemon  dapat  membantu dalam menyingkirkan toxin serta zat-zat yang tidak diperlukan tubuh .Perasan Jeruk nipis memiliki zat atau  atom yang mirip dengan saliva dan hydrochloric acid cairan pencernaan. Hal ini mendorong hati untuk memproduksi empedu yang merupakan asam yang diperlukan untuk pencernaan. Lemon juga tinggi mineral dan vitamin serta dapat  membantu melonggarkan ama, atau racun, dalam saluran pencernaan. Jus lemon juga berkhasiat  membantu untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti maag, bersendawa dan kembung
  2. Membantu membersihkan  tubuh ( sebagai diuretik ) . Jus lemon membantu membuang  bahan atau zat  yang tidak diperlukan tubuh karena lemon meningkatkan intensites tingkat buang air kecil di dalam tubuhsehingga mempercepat proses pengeluaran racun , hal ini sangat membantu  saluran kemih tetap sehat. Asam sitrat dalam lemon membantu memaksimalkan fungsi enzim, yang merangsang hati dan membantu dalam detoksifikasi.
  3. Meningkatkan sistem kekebalan . Lemon kaya akan vitamin C, yang sangat bagus untuk melawan flu . Kandungan kaliumnya yang tinggi dapat merangsang fungsi otak dan saraf. Kalium juga membantu mengontrol tekanan darah. Asam askorbat (vitamin C) ditemukan dalam lemon menunjukkan efek anti-inflamasi, dan digunakan sebagai dukungan pelengkap untuk pengobatan asma dan gejala penyakit pernapasan lainnya, plus  meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh; besi memainkan peranan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Lemon juga mengandung saponin, yang mempunya sifat antimikroba.  Lemon juga mengurangi jumlah dahak yang diproduksi oleh tubuh ketika flu.
  4. Mencerahkan  kulit. Kandungan vitamin C serta antioksidan lainnya membantu mengurangi keriput , flek-flek pada kulit dan membantu untuk memerangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Vitamin C sangat penting agar  kulit tetap  bersinar dan  sehat karena  sifat alkali yang membunuh beberapa jenis bakteri penyebab jerawat. Vitamin C yang terkandung dalam lemon juga berfungsi meremajakan kulit dari dalam tubuh .
  5. Meningkatkan mood dan kebugaran. Energi manusia menerima dari makanan berasal dari atom dan molekul dalam makanan Anda. Reaksi terjadi ketika ion bermuatan positif dari makanan masuk ke saluran pencernaan dan berinteraksi dengan enzim yang bermuatan negatif. Lemon adalah salah satu dari beberapa makanan yang mengandung ion bermuatan atom negatif, yang akan memberikan tubuh banyak energi ketika memasuki saluran pencernaan. Bau jus lemon juga dapat mencerahkan suasana hati dan membantu menjernihkan  pikiran , membantu mengurangi kecemasan dan depresi.
  6. Mempercepat proses pemulihan ketika sakit. Asam askorbat (vitamin C), yang banyak  ditemukan dalam jeruk nipis , mampu mempercepat penyembuhan luka, dan merupakan nutrisi penting dalam pemeliharaan kesehatan tulang, jaringan ikat, dan tulang rawan. Seperti disebutkan sebelumnya, vitamin C juga memeliki  sifat anti-inflamasi. , vitamin C merupakan nutrisi penting dalam menjaga  kesehatan  maupun dalam proses  pemulihan dari stres atau cedera.
  7. Menyegarkan pernafasan. Manfaat lain dari lemon adalah membuat nafas terasa segar, membantu meringankan rasa sakit gigi dan radang gusi. 
  8. Membantu menurunkan berat badan.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: