Cara Efektif Mengusir Malas

2 Jan

MALAS

Terkadang dalam hidup ada saat saat dimana kita enggan melakukan segala sesuatu. Yang kita inginkan hanyalah bersantai-santai entah itu hanya menonton televisi, tidur-tiduran tanpa melakukan aktifitas yang berarti. Tak ada salahnya memang sejenak bermalas-malasan, apalagi sesudah melakukan aktifitas yang menguras tenaga dan pikiran. Namun apabila hal itu berlangsung berlarut-larut, lama-kalamaan akan mengganggu produktifitas hidup. Sebelum semua itu terjadi beberapa langkah sederhana berikut mungkin bisa kita coba :

1. Mencari motivasi diri.

Salah satu penyebab paling umum dari kemalasan adalah kurangnya  motivasi , karena motivasi inilah yang menjadi alasan seseorang melakukan sesuatu.  Tanpa motivasi yang kuat,orang cenderung menunda-nunda pekerjaan. Motifasi diperlukan untuk melakukan sesuatu baik besar atau kecil. . Ada banyak cara yang dapat dilakukan meningkatkan motivasi diri misalnya dengan  mengulang-ulang  afirmasi, mengingat dan membayangkan apa yang akan diraih .

2. Lakukan satu persatu.

Salah satu kesalahan terbesar sebagian dari kita adalah cenderung untuk melakukan beberapa hal secara bersamaan. Meskipun benar bahwa beberapa dari kita memiliki kemampuan multitasking Melakukan dua hal sekaligus juga memang  dapat membantu menghemat banyak waktu . Akan tetapi  tidak semua orang bisa fokus pada lebih dari satu hal. Inilah mengapa sangat penting untuk melakukan satu persatu pekerjaan,  jika tidak  justru akan  kewalahan dan menimbulkan  rasa malas.

3. Lakukan latihan fisik ringan

Jangan pernah meremehkan kekuatan latihan fisik! Saat merasakan kemalasan yang berkepanjangan bisa jadi karena kurang berolahraga ringan. Misalnya dengan  30 menit berjalan atau melakukan jenis lain yang bisa meningkatkan kinerja jantung. Tidak perlu melakukan latihan fisik dengan intensitas tinggi,  kadang-kadang cukup dengan bangun, berpakaian dan pergi keluar untuk berjalan-jalan di malam hari. Menghirup udara  segar ditambah dengan latihan ringan akan membantu kita tetap fokus dan  mebuat kondisi fisik tetap segar sehingga memungkinkan kita untuk menyelesaikan tugas-tugas harian .

4. Membagi pekerjaan besat menjadi beberapa bagian kecil.

Salah satu alasan paling umum mengapa kita memilih untuk menunda dan menunda tugas kita adalah hanya karena kita cenderung  merasa terlalu sulit atau terlalu memakan waktu. Biasanya belum dikerjakan sudah merasa malas duluan. Dengan membagi  tugas besar menjadi dua atau lebih kecil akan lebih mudah untuk menyelesaikan .

5. Mencari contoh yang positif / baik

Contoh positif  memiliki dampak yang luar biasa pada motivasi kita. Terkadang untuk melakkan sesuatu diperlukan inprirasi dari orang lain. Bergaulah dengan orang-orang yang sukses, tirulah semangat  orang-orang tersebut. Cara lain, bacalah kisah-kisah sukses mereka.

6. Ingat  akan konsekwensi.

Ketika sulit menemukan alasan positif untuk mendorong Anda melakukan sesuatu, mengingat akan konsekwensi negatif apabila kita tak segera menyelesaikan suatu tugas tertentu bisa menjadi dorongan semangat bagi Anda untuk segera menyelesaikannya. Ini semacam menakut-nakuti diri sendiri.

7. Membuat target atau batas waktu.

Tidak semua orang senang melakukan sesuatu dengan tenggat waktu atau deadline tapi kadang-kadang batas waktu tersebut bisa merangsang Anda untuk memulai, karena seperti kita ketahui bahwa  memulai adalah bagian yang paling sulit dalam suatu  proses,  tetapi ketika  kita sudah mulai melakukannya, semuanya akan berjalan lebih mudah. Tetapkan  batas waktu untuk setiap tugas cobalah  untuk menaatinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: