Mandi Tanpa Sabun, Kenapa Tidak ?

22 Des

Sudah beberapa hari aku nggak mandi pakai sabun.  Bukan karena tak ada sabun, tapi gara-gara sering baca status yang berseliweran di berandaku mengenai gerakan no soap- no shampoo- no detergent. Akhirnya jadi kepo abis, kenapa dan bagaimana kok orang mulai beralih dari penggunaan bahan-bahan tersebut. Setelah googling sana sini , jadi pingin coba. Tapi sementara baru menerapkan no- soap aja si. . Nggak ada masalah dengan kulitku. Bahan yang aku coba untuk mandi adalah kopi. Jadi pas mandi aku bawa tuh sisa kopi, ke kamar mandi dan aku pakai kayak luluran. Dan ternyata fine-fine aja, bahkan terasa lebih haluss.

Menurut beberapa informasi yang ada di mbah Gugel, mandi dengan  sabun itu kurang  sehat. Itulah sebabnya sekarang mulai banyak orang yang beralih ke bahan alternatif . Beberapa kerugian mandi dengan sabun adalah :

Merusak dan Menurunkan Kekebalan Kulit. Mencuci dengan sabun (bahkan sabun ringan) merusak stratum corneum, garis pertama pertahanan terhadap dunia luar dan patogen berbahaya (virus, bakteri, dll). Dalam stratum corneum terdapat lipid semacam zat minyak yang menjaga kulit tetap lembab, sedangkan sabun dirancang untuk menghilangkan zat minyak ini. Selain menjaga kulit tetap lembab, lipid ini juga mengandung antimikrobial, termasuk didalamnya lauric acid, sphingosine, sapienic acid, dihydrosphingosine, dan  6-hydroxysphingosine.

 

Membunuh Bakteri Baik Dan Jahat Sekaligus. Secara alamiah bakteri hidup dalam kulitmu selaras dengan perlindungan kulitmu dari serangan mikroba.

Menghilangkan Lapisan Asam . Sabun akan menghapus dan menetralisir lapisan asam pada kulit Anda karena tingkat pH yang tinggi.

Berdampak negatif terhadap lingkungan. Sabun rata-rata diisi dengan bahan-bahan yang dapat menghasilkan  busa, aroma bunga ayang berasal dari sejumlah bahan kimia untuk memberikan aroma buatan. Dan semua bahan kimia ini, pertama tama akan mengenai kulit,untuk kemudian mengalir dan meresap dan mencemari tanah.

Pertanyaan berikutnya adalah, mau mandi pakai apa kalau tak pakai sabun.?

Cukup dengan air dan digosok-gosok pada bagian yang kotor.

Bisa juga menggunakan , jeruk nipis, tomat , garam laut, baking soda  bahkan bubuk kopi.

 

http://badassu.net/soap-is-bad-for-your-health/

http://kaplifestyle.com/2014/04/showering-without-soap

Iklan

2 Tanggapan to “Mandi Tanpa Sabun, Kenapa Tidak ?”

  1. Lily Hazelia 24 Desember 2014 pada 10.11 #

    wah, kalo gx mandi pakai sabun pakai ap dong? ada gak sabun yang tanpa bahan kimia?

    • Bunda Nafazayan 24 Desember 2014 pada 12.14 #

      Bisa pakai garam laut, baking soda, atau jeruk nipis mba..
      Mungkin ada, tapi nggak yakin juga deh kalau pengolahannya bebas bahan kimia..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: