Manfaat Mandi Air Dingin Untuk Kesehatan

25 Nov

Bagi sebagian orang mandi dengan air dingin mungkin bukan hal yang biasa. Bahkan untuk membayangkan saja  rasanya brrrr…dingin. Padahal mandi pakai air dingin selain lebih hemat dan praktis ternyata juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan .Hemat dan praktis karena tak perlu masak air sebelum mandi.

1. Mandi dingin membakar lemak

Saat terkena air dingin , tubuh membutuhkan lebih banyak panas untuk menghangatkan diri. Untuk proses tersebut , tubuh memerlukan lebih banyak energi, yang berarti tubuh harus membakar lebih banyak lemak lebih dari biasanya. Ketika terkena air  dingin juga dapat mengaktifkan lemak coklat semacam lemak baik yang membantu menghasilkan panas, meningkatkan metabolisme, dan membakar lemak.

2. Mandi dingin mendorong pemulihan setelah latihan.

Sering kita jumpai seorang atlet  menggunakan air es setelah latihan untuk mengurangi rasa sakit. Kita  tidak harus melakukan hal tersebut, tetapi kita dapat memperoleh manfaat yang sama dengan cara mandi air dingin setelah selesai melakukan latihan atau olahraga ringan.

3.  Mandi dingin memperkuat kekebalan dan sirkulasi darah.

Telah disebutkan di atas bahwa manndi air dingin dapat membakar lemak, selain itu mandi air dingin juga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, yang melepaskan sel darah putih  melawan virus yang akan membuat tubuh lebih jarang sakit. Mandi dingin juga meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan, yang dapat menghindari hipertensi dan pengerasan arteri.

4. Mandi dingin membuat rambut berkilau dan kulit tampak segar

Jika ingin mengurangi munculnya jerawat, mandi dingin bisa menjadi salah satu cara. Sementara mandi air panas dapat menyebabkan kulit kering, mandi dengan  air dingin justru dapat  mengencangkan kulit. Selaih untuk kulit, manfaat lainnya adalah untuk  rambut. Air dingin akan menutup kutikula , sehingga lebih kecil kemungkinannya kotoran dapat menumpuk di kulit kepala .

5. Meredakan Stress

Mandi dingin telah terbukti membantu meringankan gejala depresi. Karena kepadatan tinggi reseptor dingin di kulit, mandi air dingin mengirimkan jumlah yang sangat besar impuls listrik dari ujung saraf perifer ke otak, yang membuat efek antidepresi.

6. Pengaturan suhu

Mandi dingin dapat membantu untuk mengurangi kehilangan panas, menurunkan suhu tubuh inti , dan mengatur suhu tubuh Anda secara keseluruhan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: