Menciptakan “Quality Time” Bersama Keluarga

1 Nov

Quality Time

Bagi seorang Working Mom ( Ibu Bekerja ) masalah yang sering menjadi dilema adalah kurangnya kebersamaan atau waktu bersama keluarga, terutama anak-anak. Karena suatu kondisi, seseorang istri dituntut untuk bekerja diluar rumah membantu suami mencari nafkah, di sisi lain ada perasaan bersalah karena tidak bisa mendampingi anak-anak dalam proses tumbuh kembang.   Bagaimana tidak , hampir separuh hari bahkan mungkin ada yang seharian penuh harus bekerja diluar rumah. Bahkan kalau di kota-kota besar , lebih banyak waktu yang tersita karena harus berurusan dengan macet. Minimnya kebersamaan dengan keluarga tentunya bisa berakibat terhadap menurunnya kualitas hubungan, kehangatan dan kedekatan Ibu dengan anak -anak.  

Karena keterbatasan waktu itulah , maka diperlukan usaha yang lebih sungguh-sungguh  untuk menebus ketidakhadiran orangtua dari anak-anak mereka, sehingga waktu yang ada benar-benar menjadi momen yang indah dan bermanfaat bagi orangtua maupun anak. Saat saat seperti itulah yang disebut dengan waktu yang berkuallitas ( Quality Time ) bersama anak. Quality time bersama anak akan tercipta manakala orangtua berinteraksi, aktif mendengarkan , berbicara dengan anak dengan  perhatian yang penuh .

  1. Orangtua  dapat menciptakan quality time bersama anak dengan memanfaatkan waktu-waktu yang ada , dengan berbagai tips dan ide kegiatan berikut :
  2. Bermain bersama. Hal ini bisa dilakukan jika anak anak masih berusia balita. Singkirkan HP, matikan TV, sehingga perhatian orang tua benar-benar tercurah sepenuhnya kepada anak.
  3. Membacakan buku sebelum tidur.  Lakukan setiap hari, cara ini cukup efektif menciptakan bonding ibu dan anak, dibandingkan dengan hanya menonton TV bersama.
  4. Makan malam bersama.
  5. Libatkan dalam pekerjaaan pekerjaan rumah seperti memasak, menyapu, mencuci dan lain-lain. Selain dapat meningkatkan kecakapan dan kemandirian anak, kegiatan ini juga akan membuat nak merasa penting dan dibutuhkan orang tua. Di sela-sela kegiatan ini orangtua bisa mengajak anak berbicara dari hati ke hati .
  6. Melakukan wisata bersama keluarga. Tidak harus jauh dan mahal, yang enting sesuai dengan kempuan dan anak-anak bisa menikmati perjalanan dengan senang.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: