7 Aktifitas Untuk Memperkuat Memori Otak

26 Sep
Brain

ilustrasi : dreamstime.com

Seiring bertamahnya usia, kemampuan kognitif pikiran akan semakin menurun Ini merupakan hal  alami yang tak terelakkan dalam sebuah proses penuaan Meskipun  tidak dapat dicegah, kita dapat memperlambat efek penuaan ini.  Salah satu gejala menurunnya fungsi kognitif adalah hiilangnya ingatan, yang  bagi sebagian orang cukup menakutkan. Namun demikian , ada kabar baik bahwa  beberapa langkah  bisa kita ambil untuk memperlambat penurunan kognitif kita. Berikut adalah tujuh kegiatan otak yang akan meningkatkan memori  dalam jangka panjang:

1 Mempelajari Bahasa Baru

Belajar bahasa baru selain menambah kecakapan dan kemampuan diri , juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan memori otak.  Mempelajari bahasa baru juga  merupakan latihan otak yang luar biasa yang dapat mencegah, menunda atau bahkan mengembalikkan kehilangan memori. Dengan mempelajari bahasa baru   Anda akan  mengingat, mengenali dan memahami kata-kata, yang akan meningkatkan fungsi kognitif otak. Belajar Bahasa adalahcara yang ampuh untuk melawan terjadinya  kehilangan memori juga menambah kosakata dan tata bahasa, serta unsur-unsur kelancaran mental dan verbal.

2 Teka-teki dan  permainan kata-kata

Latihan otak lain yang akan memperkaya pengetahuan umum  dan membantu mencegah hilangnya memori bermain game kata dan memecahkan teka-teki silang atau teka-teki lainnya. Misalnya  Sudoku atau permainan Scrabble – apa pun yang menarik bagi Anda, asalkan merangsang pikiran Anda dengan kata-kata baru dan membuat Anda mengasosiasikan mereka dengan benda-benda atau tindakan. Sekarang diketahui bahwa bermain game kata yang berbeda dan  teka-teki silang setiap hari secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer di kemudian hari.

3. Musik
Musik, dan terapi musik (sering disebut sebagai melotherapy’) memberikan latihan otak besar juga, karena tidak hanya meningkatkan fokus mental Anda, tetapi juga mendukung fungsi kognitif jangka panjang yang sehat. Meskipun diklaim bahwa mendengarkan musik klasik dapat membantu bayi dan anak-anak meningkatkan kekuatan otak mereka dan meningkatkan keterampilan kefasihan lisan, musik juga merupakan terapi untuk kehilangan memori. Cukup mendengarkan jenis musik favorit setiap hari, dan mencoba untuk mengingat melodi atau lirik (dan bernyanyi atau bersenandung bersama),

4. Berbicara Pada Diri Sendiri
Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang berbicara sendiri benar-benar memiliki risiko lebih rendah menderita demensia di kemudian hari. Dengan kata lain, berbicara kepada diri sendiri dan bahkan bercerita pada diri sendiri adalah cara yang luar biasa untuk menunda kehilangan memori dan untuk tetap fokus pada hal-hal penting. Mendongeng cukup lama  digunakan dalam pengobatan Alzheimer dan itu ternyata bermanfaat dalam meningkatkan fungsi memori dengan membantu Anda menyimpan informasi lebih lanjut.

5. Membaca Buku
Siapa yang tidak suka membaca buku yang bagus setiap sekali-sekali?Pepatah mengatakan bahwa seorang pria yang tidak membaca hanya hidup satu kehidupan, tetapi orang yang membaca bisa hidup seribu nyawa. Inilah sebabnya mengapa salah satu latihan otak terbesar yang bisa dilakukan untuk mencegah kehilangan memori adalah membaca sebanyak dan sesering yang Anda bisa. Baik membaca buku-buku atau esai di koran atau artikel di majalah .Bacalah sesuatu yang menarik perhatian di waktu luang Anda di rumah, atau saat naik kereta atau menunggu dalam antrean. Tip lain yang bagus adalah mencoba untuk mengingat plot dari buku yang beberapa tahun yang lalu – hal itu pasti membantu memperkuat memori!

6 Latihan
Ada banyak permainan dan latihan yang secara khusus dirancang untuk meningkatkan otak Anda. Juga, koordinasi tangan-mata sangat penting untuk merangsang pikiran Anda dan mencegah kehilangan memori. Anda tidak perlu buang diri dengan menuntut latihan otak; Anda dapat mengandalkan latihan mudah atau moderat yang mengaktifkan neuron dan sinapsis, sehingga mengirim pesan langsung ke sistem saraf dan membantu mencegah berkurangnya kemampuan  kognitif otak .

7 Mnemonic Devices ( Perangkat Mnemonic )
Perangkat mnemonic adalah ‘alat’ yang membantu Anda mengingat hal-hal dengan lebih mudah. Misalnya, Anda dapat mengaitkan gambaran visual dengan nama atau kata untuk membantu Anda mengingat seseorang, atau Anda dapat mengaitkan akronim dengan kata yang lebih panjang. Di sisi lain, alliterations, sajak dan lelucon adalah tiga cara lainnya untuk mengingat nama, fakta, angka dan informasi penting lainnya.

 

sumber : lifespan.com

 

Iklan

3 Tanggapan to “7 Aktifitas Untuk Memperkuat Memori Otak”

  1. 「누리」 1 Oktober 2014 pada 16.45 #

    nice info ^^

  2. akatelpub 8 Mei 2015 pada 12.36 #

    terima kasih infonya ya kak, semoga memori otak saya semakin terlatijh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: