5 Zat Makanan Yang Dapat Menyebabkan Gangguan Mood Pada Anak

24 Sep

Secara intuitif orang tua mungkin tahu bahwa makanan tertentu dapat mempengaruhi perilaku dan suasana hati ( mood) anak. Sebagai contoh permen mengandung gula dan dapat memicu perilaku hiperaktif. Tidak semua orang tua tahu bahwa  jenis makanan yang dapat mempengaruhi perilaku dan perubahan mood tak sebatas pada gula saja. Setidaknya ada lima jenis zat  yang terdapat di makanan ringan dan sering dikonsumsi anak-anak. 5 makanan berikut dapat memicu perubahan suasana hati dan perubahan perilaku pada anak-anak.

Susu – Untuk anak  yang intolerance terhadap laktosa atau alergi terhadap protein yang ditemukan dalam susu, biasanya akan terlihat dari perubahan suasana hati dan perilakunya  anak menjadi mudah marah, rewel, atau agresif. Anak-anak dengan alergi susu atau intoleransi juga cenderung  lebih sering menderita pilek dan infeksi,, telinga. Pada bayi mungkin akan ditunjukkan dengan gejala kolik, sedangkan pada balita dan anak-anak dapat terlihat dari perilakunya yang mudah marah.
Zat  Pewarna Buatan – Banyak negara  telah melarang pewarna buatan karena efek merugikan bahan kimia ini terhadap anak-anak. Terkait dengan ADHD, kecemasan, hiperaktif, dan sakit kepala pada anak-anak, pewarna buatan juga dapat menyebabkan perubahan perilaku yang signifikan. Karena pewarna buatan ditemukan dalam banyak makanan manis, orang tua sering menyalahkan perubahan perilaku pada gula. Pewarna buatan juga sering tersembunyi dalam makanan yang tak terduga seperti roti dan yoghurt. Hindari produk dengan zat pewarna seperti Yellow No 5, Red No. 40, dan Blue No 1.
Gula. Gula dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif, yang sering merupakan indikator langsung bahwa gula adalah penyebabnya. Hampir semua makanan yang dikonsumsi anak mengandung gula  padahal gula telah terbukti menyebabkan kerusakan kesehatan jangka panjang.
Pengawet – Ada beberapa pengawet yang dapat menyebabkan masalah perilaku pada anak-anak. Pengawet disini tidak terbatas pada nitrat, nitrit, dan natrium benzoat. Monosodium glutamat (MSG) adalah penyedap rasa yang juga menyebabkan gangguan mood dan perubahan perilaku, termasuk sakit kepala dan hiperaktivitas. Sodium benzoat umumnya ditemukan dalam produk jus dipasarkan untuk anak-anak.
Alergen Makanan – makanan penyebab alergi yang umum adalah susu, kacang-kacangan, telur, kedelai, dan jagung. Ketika seorang anak memiliki intoleransi atau alergi terhadap makanan tertentu, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan dan perilaku yang signifikan. Untuk bisa menentukan mana makanan alergen / penyebab alergi tidak mudah, sehingga diperlukan bantuan ahli alergi.

Jika orang tua melihat perubahan perilaku atau perubahan suasana hati pada anak , cobalah  untuk mengingat dan memperhatikan apa yang mereka makan dan kapan mereka menunjukkan  perilaku yang berbeda . Coba menghindari makanan dicurigai sebagai penyebabnya untuk melihat apakah perilakunya berubah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: