Kerupuk Nasi Homemade

7 Jul

wpid-img_149121549304856.jpeg

Dalam beberapa hari ini,  nasi di rumah selalu lebih.  Sebenarnya kalau bukan bulan puasa si  nasi yang tidak termakan dimalam hari disulap jadi nasi goreng.  Kalaupun terpaksa banget akhirnya dikasih ke ayamnya Mbah .  Tapi,  sekarang ayam nggak punya udah pada mati.  Mau membuang sisa nasi begitu saja rasanya sayang,  mungkin kalau nasi yang sudah basi nggak papa.
Tapi kan ini nasi sebenarnya masih bisa dimakan.  Cuma karena sudah dingin, jadi anak anak sudah nggak selera.  Padahal sebenarnya si,  malah paling bagus buat penderita diabetes,  karena kandungan gulanya lebih sedikit jika dibandingkan nasi yang baru mateng.
Disaat bingung mau diapain tuh sisa nasi yang hampir tiap hari ada,  tiba tiba jadi ingat,  sewaktu kecil sering melihat ibu bikin kerupuk dari nasi sisa. Orang di tempatku menyebutnya kerupuk gendar.  Rasanya lumayan enak,  suamiku juga suka.  Tapi aku ingat,  dulu kalau ibuku bikin pasti di kasih zat tambahan yang namanya “bleng”. Rasanya agak getir getir gimanaa gitu.  Belakangan baru tahu bahwa bleng itu sama dengan boraks,  zat tambahan yang biasa dipakai untuk mengawetkan mayat.  Hiii jadi ngerii kalau inget.
Berhubung kini sudah tahu bahwa pemakaian boraks nggak baik untuk kesehatan,  maka kali ini pemakaian bleng atau boraks tentu saja aku skip.  Cara bikinnya cukup mudah yaitu :
– Sepiring nasi ( bukan nasi basi lhoo)
– 3 – 4 siung bawang putih
– Tepung kanji
–  Garam secukupnya.
Cara buat
Haluskan bawang putih dan garam, campurkan dengan nasi.  Kukus nasi kurang lebih 15 menit. Selagi masih hangat,  haluskan nasi sambil ditaburkan sedikit demi sedikit tepung kanji. Ambil sedikit adonan ,pipihkan sampai benar benar tipis.  Caranya,  taruh adonan di atas plastik yang lebar.  Kemudian tutup dengan plastik,  kemudian gilas adonan,  bisa menggunakan gelas plastik atau botol sirup yang sudah tidak dipakai.  Buka plastik penutup, pindahkan adonan yang sudah tipis ke  wadah lain,  jemur hingga kering.  Setelah kering kerupuk siap di goreng.

KERUPUK NASI

KERUPUK NASI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: