Growth Chart dan Cara Membacanya

17 Mar

Growth Chart ( GC ) dapat digunakan  untuk melihat tren pertumbuhan bayi. Growth Chart sendiri ada beberapa macam, antara lain Berat Badan, Panjang/ Tinggi Badan, Lingkar Kepala dan Postur. Mungkin ada orang tua yang  bertanya,” Anak saya umur sekian bulan berat badan sekian, apakah normal ? Nah dengan melihat Growth Chart dan memplot Berat Badan (BB) , Tinggi Badan (TB), dan Lingkar Kepala (LK) sejak lahir setiap bulan ke dalam GC, orang tua diharapkan mengetahui apakah pertumbuhan normal dan sehat. Dan perlu diingat juga bahwa menilai pertumbuhan bayi tidak bisa dilihat  dari kondisi satu waktu atau dari penampakan bayi saja.

 Bagi yang ingin sekedar melihat , dibawah ini gambar GC BB untuk Perempuan

GC BB PEREMPUAN

GC BB PEREMPUAN

Bagi yang ingin mengunduh BB Bayi Perempuan versi PDF  silahkan klik di sini 

Untuk GC BB Laki laki, gambarnya seperti di bawah ini :

GC BB LAKI-LAKI

GC BB LAKI-LAKI

Untuk Growth Chart BB Laki-laki versi pdf bisa di unduh di sini

Tata cara membaca Growth Chart:

  1. Di GrowthChart biasanya ada 5 garis kurva, yang di ujungnya ada angka2 yang menunjukkan “persentil” yaitu 3rd, 15th, 50th, 85th, 97th.
  2. Plot BB/PB/LK bayi. Contoh, bayi laki2 BB 2.9kg saat lahir,maka kita beri titik di (2.9kg,0m) » kurva persentil 15th
  3. Persentil 15th brarti 85% dari anak2 usia 0m memiliki berat di atas anak tsb dan 15% lainnya memiliki berat di bawah anak tsb.
  4. Ingat, berapa persentilnya, tidak menunjukkan ‘normal’ atau tidak. Orang dewasa jg ‘ukuran’nya beda2. Begitu pula bayi.
  5. Plot setiap bulannya semua parameter. Perhatikan grafik/kurva pertumbuhannya.
  6. Bayi/anak yang memiliki BB pada persentil 90th dapat memiliki TB serta LK jg pada sekitar persentil tsb.  Tidak otomatis berarti dia kegemukan. Dia adalah anak normal dengan perawakan besar. Lihat perawakan orgtuanya
  7. Begitu juga dengan anak yang berada pada persentil 15th, tidak berarti dia kurang gizi. Mungkin orangtuanya tipe mungil, atau tinggi langsing dll. 
  8. Namun demikian, ada jg batas-batas untuk diwaspadai. Yaitu saat anak berada pada persentil di atas 97th (beresiko obesitas) atau di bawah persentil 3rd atau garis kurva paling bawah (beresiko underweight). 

Kembali ke soal menilai ‘tren pertumbuhan’ anak, tren seperti apa yang harus kita waspadai?  

  • Kita perlu waspada saat kurva persentil naik/turun drastis. Misalnya, awalnya berada di Persentil 40th, lalu loncat ke Persentil 75th. Artinya tanpa melewati Persentil 50th langsung memotong ke Persentil 75th. Perlu cari tahu/perhatikan penyebab kondisi tsb.
  • Begitu juga sebaliknya, saat terjadi pola grafik/kurva turun drastis, misal Persentil 40th ke Persentil 10th, tanpa melewati Persentil 15th. Pada kondisi kurva persentil ‘terjun bebas’ seperti ini, dokter harus mengevaluasi kemungkinan adanya gangguan kesehatan.
  • Perubahan persentil baik naik/turun yang terjadi secara perlahan/bertahap bisa jadi hanya menunjukkan kecenderungan sesuai potensi genetik. Bayi yang lahir besar tapi memiliki potensi genetik mungil, bisa jadi akan mengalami penurunan Persentil secara perlahan. Sebaliknya bayi yang lahir mungil tapi memiliki potensi genetik perawakan besar, akan juga “mengejar” kurva Persentil yang tinggi.

Walaupun GrowthChart adalah alat ukur yang penting, alangkah baiknya jika dokter & orangtua tdk hanya fokus pada angka2 dalam grafik.

GrowthChart dapat jg memberi kesan yg salah. Misal, seorang anak sejak bayi memiliki TB di Persentil 5th. Bisa jadi ia dapat gen ”pendek” dr orangtua yang juga pendek.

Jika dokter/orangtua terlalu fokus pada angka di GrowthChart (bukan tren), maka bisa jadi kita akan salah menilai, dan jadi khawatir terhadap hal yang salah.

Jadi, gunakan GrowthChart sebagai alat untuk menilai pola pertumbuhan anak, bukan dilihat angka per angka saja.

Cara ukur lingkar kepala:

  1. Ukur lingkar kepala di bagian paling menonjol (1-2jari di atas alis), ke belakang kepala).
  2. Ukur 3x,
  3. ambil angka terbesar.

 Poin penting: bayi ASIX (hanya minum ASI saja) yg menyusu dgn benar, TIDAK akan obesitas. #GrowthChart

Untuk bayi prematur, silakan menggunakan GrowthChart Fenton.

Daftar singkatan:

BB: Berat Badan

TB: Tinggi Badan

PB: Panjang Badan

LK: Lingkar Kepala

Untuk GC Selengkapnya silahkan donlot di bawah ini :

 

GC LK Perempuan

GC LK Laki-Laki

GC TB Perempuan

GC TB Laki-laki

 

Sumber: http://kultwit.aimi-asi.org/2011/12/cara-membaca-growth-chart/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: