Kecerdasan Emosi ( Bagian 1 )

16 Mar
Ilustrasi. Dreamstime

Ilustrasi. Dreamstime

Kecerdasan emosional (EQ​​) adalah kemampuan untuk mengidentifikasi, menggunakan, memahami, dan mengelola emosi dengan cara yang positif untuk meredakan stres, berkomunikasi secara efektif, berempati dengan orang lain, mengatasi tantangan, dan meredakan konflik. Dampak kecerdasan emosional terlihat dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, seperti cara Anda berperilaku dan cara Anda berinteraksi dengan orang lain.

Jika Anda memiliki kecerdasan emosional yang tinggi Anda mampu mengenali keadaan emosi Anda sendiri dan keadaan emosional orang lain, dan terlibat dengan orang-orang dengan cara yang menarik mereka kepada Anda. Anda dapat menggunakan kemampuanini  untuk berhubungan baik dengan orang lain, membentuk hubungan yang lebih sehat, mencapai sukses yang lebih besar di tempat kerja, dan menjalani hidup lebih memuaskan.

Kecerdasan Emosi memiliki empat karakter / sifat :

Self Awareness : Anda mengenali emosi Anda sendiri dan bagaimana mereka mempengaruhi pikiran dan perilaku diri sendiri, tahu kekuatan dan kelemahan Anda, serta  memiliki kepercayaan diri.

Self Management : Anda dapat mengontrol perasaan dan perilaku impulsif, mengelola emosi Anda dengan cara yang sehat, mengambil inisiatif, menindaklanjuti komitmen, dan beradaptasi dengan perubahan .

Self Social  – Anda dapat memahami emosi, kebutuhan, dan kepentingan orang lain, menangkap isyarat emosional, merasa nyaman secara sosial, dan mengakui dinamika kekuasaan dalam kelompok atau organisasi.

Relationship Management :  – Anda tahu bagaimana mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang baik, berkomunikasi dengan jelas, menginspirasi dan mempengaruhi orang lain, bekerja dengan baik dalam tim, dan mengelola conflict.

Mengapa kecerdasan emosional (EQ​​) begitu penting? Seperti kita ketahui, itu bukan orang-orang cerdas yang paling sukses atau paling tercukupi dalam hidup. Anda mungkin tahu orang-orang yang secara akademis brilian namun secara sosial tidak kompeten dan berhasil di tempat kerja atau dalam hubungan pribadi mereka. Kecerdasan intelektual (IQ) tidak berdiri sendiri untuk mencapai sukses dalam hidup. Ya, IQ Anda dapat membantu Anda masuk ke perguruan tinggi, tapi EQ Anda yang akan membantu Anda mengelola stres dan emosi ketika menghadapi ujian akhir Anda.

Kecerdasan emosional mempengaruhi :

Kinerja Anda di tempat kerja . Kecerdasan emosional dapat membantu Anda menjelajahi kompleksitas sosial di tempat kerja , memimpin dan memotivasi orang lain , dan unggul dalam karir Anda . Bahkan , ketika menguji calon karyawan , banyak perusahaan sekarang melihat kecerdasan emosional sebagai hal yang sama pentingnya dengan kemampuan teknis dan membutuhkan pengujian EQ sebelum menerima. Kesehatan fisik Anda . Jika Anda tidak dapat mengelola tingkat stres Anda , dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius . Stres yang tidak terkontrol dapat meningkatkan tekanan darah , menekan sistem kekebalan tubuh , meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke , berkontribusi terhadap infertilitas , dan mempercepat proses penuaan . Langkah pertama untuk meningkatkan kecerdasan emosional adalah belajar bagaimana untuk menghilangkan stres . Kesehatan mental Anda . Stres yang tidak terkontrol juga dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda , membuat Anda rentan terhadap kecemasan dan depresi . Jika Anda tidak dapat memahami dan mengelola emosi Anda , Anda juga akan terbuka untuk perubahan suasana hati , sementara ketidakmampuan untuk membentuk hubungan yang kuat dapat membuat Anda merasa kesepian dan terisolasi . Hubungan Anda . Dengan memahami emosi Anda dan bagaimana untuk mengendalikan mereka , Anda akan lebih mampu untuk mengekspresikan perasaan Anda dan memahami bagaimana orang lain rasakan. Hal ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan lebih efektif dan menjalin hubungan yang lebih kuat , baik di kantor maupun dalam kehidupan pribadi Anda .( bersambung )

sumber : http://www.helpguide.org/mental/eq5_raising_emotional_intelligence.htm

Banyumas, 16 Maret 2014 03:45 , sambil belajar sambil berbagi, semoga aku dapat mengaplikasikan semua yang kutulis di blog ini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: