Penyebab Bayi Menangis

19 Feb

Baby Cry

Pernahkan Anda bingung saat bayi menangis ? Menangis memang satu-satunya komunikasi yang bisa dilakukan oleh bayi, ketika mereka merasa lapar, kedinginan, kepanasan, sakit ataupun perasaan tak nyaman lainnya. Pada umumnya ada beberapa alasan mengapa bayi menangis.

Lapar

Ini mungkin adalah hal pertama yang Anda pikirkan ketika bayi Anda menangis. Cobalah untuk belajar mengenali tanda-tanda kelaparan pada bayi sehingga  akan membantu Anda memulai menyusui bayi Anda sebelum bayi  menangis. Beberapa tanda-tanda yang harus diperhatikan pada bayi baru lahir: rewel, memukul bibir, perakaran (refleks bayi baru lahir yang menyebabkan bayi untuk mengubah kepala mereka terhadap tangan Anda ketika Anda membelai pipi mereka), dan menempatkan tangan mereka ke mulut mereka.

Popok basah, kotor, terlalu penuh.

Beberapa bayi akan member tanda kepada  Anda saat popok mereka perlu diganti. Beberapa bayi mungkin bisa  mentolerir popok kotor selama beberapa waktu, beberapa bayi lain mungkin tidak, Jadi tak ada salahnya untuk memeriksa apakah popok bayi sudah basah/ kotor/ penuh saat bayi menagis

Mengantuk.

Anda mungkin berfikir, bukankah senang menjadi bayi, saat mengantuk tinggal tidur saja, dimanapun, kapanpun. Pada kenyataannya, tidak semudah itu bagi bayi. Bukannya mengantuk terus tidur, bayi mungkin rewel dan menangis, terutama jika mereka terlalu lelah.

Ingin di peluk

Bayi membutuhkan banyak pelukan. Mereka ingin melihat wajah orangtua mereka, mendengar suara mereka, dan mendengarkan detak jantung mereka, dan bahkan dapat mendeteksi bau mereka yang unik. Menangis bisa menjadi cara mereka meminta untuk dipeluk.

Masalah perut (gas, kolik, dan lain-lain)

Masalah perut yang berhubungan dengan gas / kembung atau kolik dapat menyebabkan bayi menagis. Bahkan, saat  kolik bayi bisa menangis sampai  tiga jam sehari, bahkan sampai  tiga hari seminggu, dan berlangsung setidaknya sampai  tiga minggu berturut-turut.Jika bayi Anda sering rewel dan menangis tepat setelah diberi makan, ia mungkin saja ia sakit  perut. Banyak orang tua lantas memeberikan obat kepada si bayi, hati hatilah dalam memberikan obat, berkonsultasilah ke dokter Anda sebelum memberikan obat-obatan tertentu.Jika Anda menduga bahwa penyebabnya adalah  gas,cobalah untuk melakukah cara sederhana,  misalnya dengan menenkurapkan bayi, bisa juga dengan memegang kakinya kemudian gerakkanlah seperti gerakan mengayuh sepeda.

Perlu untuk bersendawa

Bersendawa tidak wajib. Tapi jika bayi Anda menangis setelah menyusui, mungkin ia butuh disendawakan. Bayi menelan udara ketika mereka menyusui atau menghisap dari botol, dan jika udara tidak dilepaskan dapat menyebabkan beberapa ketidaknyamanan. Beberapa bayi sangat terganggu karena udara yang masuk dalam perut mereka.

Terlalu dingin atau terlalu panas

Ketika bayi Anda terasa dingin, seperti ketika Anda melepas pakaiannya untuk mengganti popok atau membersihkan pantatnya dengan lap dingin , ia mungkin protes dengan cara menangis. Bayi yang baru lahir senantiasa  ingin terus merasa  hangat – tapi juga tidak terlalu hangat. Bayi cenderung merasa tidak nyaman dalam kondisi terlalu panas dari terlalu dingin.

Terganggu oleh sesuatu yang kecil

Beberapa bayi sangat sensitif terhadap hal-hal kecil, seperti label pakaian yang bikin gatal , bahan pakaian yang kasar, benda kecil atau semacam pasir  yang mungkin ada di alas tidirnya, sehelai rambut yang mungkin melilt di jari atau tangan dan lain-lain.

Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi bisa terasa menyakitkan karena setiap tumbuh,  gigi baru mendorong gusi muda sehingga inilah yang menyebabkan bayi menderita rewel bahkan demam. Jika bayi Anda tampaknya menjadi sakit dan Anda tidak yakin mengapa, cobalah raba gusinya dengan jari Anda . Rata-rata, gigi pertama tumbuh antara 4 dan 7 bulan, tetapi dapat terjadi lebih awal.

Terlalu banyak stimulasi (  rangsangan )

Bayi belajar dari stimulasi dunia di sekitar mereka, tapi kadang-kadang mereka memiliki waktu yang sulit memproses itu semua – lampu, kebisingan. Menangis bisa menjadi cara bayi mengatakan, “Cukup sudah, .”Untuk menenangkan , coabalah bawa ketempat yang tenang  dan berventilasi untuk sementara waktu .

Menginginkan lebih banyak stimulasi

Bayi anda juga kadang merasa jenuh sehingga menjadi rewel, jadi usahakanlah untuk tetap aktif, walaupun mungkin akan cukup  melelahkan untuk Anda! Hal ini dapat diatasi dengan memakai model gendongan yang pas.  Rencanakan banyak kegiatan misal  bertemu  dengan orang tua lainnya yang sama-sama punya bayi.

Tidak Enak Badan.

Jika Anda sudah memenuhi kebutuhan dasarnya dan mencoba menenangkan bayi tetapi masih saja menangis , bisa jadi ada yang tak beres dengan tubuhnya. Periksalah suhu tubuhnya, siapa tahu demam, dan merupakan gelaja dari suatu penyakit tertentu.

Sumber: babycenter.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: