Suka Duka Memiliki ART

14 Feb
Ilust. dreamstime.com

Ilust. dreamstime.com

Masalah Assisten Rumah Tangga ( ART ) memang menjadi masalah yang cukup krusial bagi keluarga yang suami istri sama-sama bekerja.Terlebih lagi jika sudah mempunyai anak plus jauh dari orang tua. Masalah itu pernah aku alami. Waktu itu kami masih jadi “kontraktor” istilah keren untuk keluarga yang masih suka berpindah pindah dari satu kontrakan ke kontrakan lainnya.

Kami baru dikarunia satu orang anak yang berumur satu tahunan, dimana untuk anak sekecil itu masih sangat membutuhkan orang lain. Empat kali pindah rumah empat kali berganti ART. Setiap kali berganti ART, harus mulai lagi menyesuaikan diri. Kadang-kadang juga tidak langsung cocok. Selalu ada penolakan-penolakan di awal. Disaat mulai dekat dan bisa menyesuaikan diri, karena sesuatu dan lain hal tiba -tiba ART berhenti. Entah itu karena mau nikah, entah itu karena tergiur pindah ke Kota, ataupun sekedar membantu orang tua di rumah.

Masalah yang lainnya adalah ketika tiba-tiba ada sesuatu hal mendadak sehingga ART tidak masuk kerja. Mau tidak mau  berangkat kerja harus bawa -bawa anak. Kalaupun masih ada waktu , harus menitipkan anak ke tempat orang tua.  Lain lagi jika ART telat tanpa pemberitahuan. Pekerjaan yang biasa dihandle ART, ahirnya dikerjakan sendiri, akibatnya berangkat kerja jadi telat.

Namun Alhammdulilah masalah masalah tersebut kini tak ada lagi, kecuali berangkat kerja telat memang masih sering. Selain karena ART datangnya bersamaan dengan jam berangkatku juga, kadang-kadang mengurus bayi tidak bisa ditentukan waktunya. Kadang bangun kesiangan kadang enggak. Kadang makannya cepet, kadang juga lama. Kalau di hitung hitung ada tiga pekerjaan utama yang harus aku lakukan sebelum berangkat kerja, yang masing-masing membutuhkan waktu cukup lama. Pertama memasak karena kalau  kalau memasak sendiri rasanya lebih puas , bagaimanapun enaknya masakan diluar, pastilah lebih sehat masakan sendiri, karena kami tahu apa yang kami masak. Biarpun sama-sama gorengan, tapi tetep beda lho..kalau bikin gorengan sendiri pakai minyak yang so pasti baru, kalau beli diluar nggak menjamin kalau pakai minyak yang baru, lagian kalau beli cukup boros juga, maklum, kami termasuk keluarga besar. Jaman sekarang apa si, yang nggak mahal. Tapi kalau terpaksa kadang beli juga si, misalnya pas lagi masak tiba tiba gas habis, atau pas bangun kesiangan.  Kedua, pumping karena saat ini si dedek masih ngASI,  dan ketiga nyuapin si dede, walaupun sebenarnya saja bisa dilakukan oleh ART, tapi rasanya lebih puas kalau bisa nyuapin sendiri.  Lagian nggak tega juga kalau semua pekerjaan dilimpahkan ke ART. Takutnya pas kami tinggal ART sibuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga lainnya, si dedek malah tak terurus.

Kalau cerita teman lain lagi. Temanku lagi galau gara-gara ART keluar karena sedang hamil.Padahal anaknya udah deket banget sama ART, dan si ART nya pun sudah sayang sama anaknya. Padahal temenku ini jauh dari keluarga dan orang tua. Suaminya pun sama-sama kerja.  Kata temenku ini, sebenarnya tak masalah hidup jauh dari orang tua, seandainya suami istri tidak sama-sama kerja, seandainya belum memiliki anak, seandainya lagi, atasan memaklumi jika dan mengijinkan untuk tidak berangkat kerja saat ART tak masuk kerja. Ahirnya tahunan habis,  diambil pas ART tidak masuk kerja. kadang-kadang kerja juga bawa-bawa anak.  Menurutku si, agak susah juga, di sisi lain anak sangat penting, di sisi lain kita juga terikat pada aturan tempat kita bekerja.

Yang pasti suatu saat , aku ingin melepaskan diri dari ketergantungan tenaga ART, kelak jika anak-anak sudah mulai mandiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: