Saat Benda Asing Masuk Hidung

6 Feb

JASMINE

Baru mau membuka netbook untuk mengikuti Kelas Menulis Online ( KMO ) Self Editing 2 yang diadakan oleh Gruop Ibu Ibu Doyan Nulis ( IIDN ) tiba tiba saja terdengar tangisan Jasmine . Dalam hati bertanya  , kenapa lagi ini, padahal tadi kan lagi asyik nonton TV sambil makan peyek kacang bikinan mbah. 

” Tuh Bund, Jasmin kemasukkan kacang hidungnya”. kata Fatih si kakak. Sontak aku kaget dan panik. Langsung teringat cerita teman tentang anak yang dioperasi gara-gara hidungnya kemasukkan benda kecil. Tapi kucoba untuk tenang. Pelan – pelan aku gendong Jasmine yang masih menangis. Dengan pikiran cemas, kutanya , ” Jasmine kenapa? Apa benar, kacangnya masuk hidung?”

” Iya” jawab Jasmin  sambil tetap menangis. Meski dalam hati begitu panik, kucoba untuk menenangkan Jasmine . Aku ajak kebelakang untuk cuci muka, sambil terus kutanya apakah masih sakit. Jasmine hanya mengangguk.

Tak lama kemudian mbah datang , dan menanyakan ada apa , kenapa Jasmin menangis. Fatih menceritakan bahwa ada kacang yang masuk kehidung Jasmine. Serta merta, mbah pun ikut panik. Dan dengan bertubi-tubi langsung menanyai Jasmine. Mendengar suara mbah yang keras, Jasmine kembali menangis. Ahirnya aku kembali menenangkan Jasmine. Melihat keadaan Jasmine yang tampak tenang , aku coba buka googling, mencari tahu apa pertolongan pertama yang bisa dilakukan jika ada suatu benda masuk hidung. Siapa tahu saja tak harus pergi ke dokter.  Menurut informasi dari google , pertolongan pertama saat benda masuk hidung dengan cara menekan hidung yang tidak kemasukkan benda, kemudian membuka mulut dan meniup mulut . Tapi tak ada hasil. Kusuruh Jasmine untuk menghembuskan nafas lewat hidung, seperti ketika sedang membuang ingus, ternyata juga tak bisa.

Takut kenapa-napa, aku coba meminta pertolongan tetangga sebelah rumah, dengan harapan siapa tahu bisa menolong karena tetanggaku ini sudah lama kerja dengan dokter meskipun hanya di bagian obat. Setelah dilihat dengan menggunakan senter, memang benar terlihat benda kecil di lubang hidung sebelah kanan  yang cukup masuk ke dalam.

Karena kurasa tak mungkin mengeluarkan sendiri tanpa bantuan alat tertentu, ahirnya dengan ditemani Nabila sang kakak, aku putuskan untuk dibawa ke IGD RSU Banyumas . Oleh perawat segera diperiksa dan dikeluarkanlah itu benda itu dari hidung. Alhamdulillah lega.

Yah, ternyata memang punya anak kecil memang benar-benar harus diawasi. Dan yang penting jika menghadapi situasi seperti itu harus ” Keep Calm ” biar tak semakin membuat panik semua.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: