Facebook Sebagai Media Untuk Belajar

6 Feb

FBMalam ini aku iseng buka facebook . Kulihat di sisi kiri dibagian Group, dan wow..tanpa kusadari ternyata aku sudah  tergabung dengan lima puluhan  grup Facebook. Di antara lima puluhan group itu pun cukup beragam jenisnya. Dari grup yang membahas ibu hamil, Ibu Menyusui, Kumpulan Blogger, Pedidikan, Parenting, dunia penulisan, masak memasak , berkebun , hingga grup yang isinya sekedar rumpian emak-emak. Sebenarnya aku pun tak terlalu aktif berinteraksi di group. Aku lebih sering jadi silent rider.  Itupun tidak semua group aku pantengin tiap hari. Biasanya sih tergantung informasi apa yang sedang kubutuhkan. Pokoknya, bagiku facebook benar-benar media untuk belajar apa saja.

Kenapa begitu banyak group yang aku ikuti? Karena tidak ada satu pun group yang membahas bermacam-macam ilmu sekaligus. Masing masing grup sudah mempunyai  batasan-batasan pembahasan tersendiri. Selain itu, tiap group juga mempunyai aturan yang  berbeda-beda. Sebelum kamu mengajukan permintaan untuk bergabung di sebuah grup, sebaiknya bacalah dengan teliti kira-kira informasi apa yang bisa didapat dari grup tersebut. Dan setelah bisa bergabung, jangan lupa untuk membaca dan mematuhi aturan grup. Jika tidak, bisa-bisa  kamu akan dikeluarkan dari group, bahkan diblokir oleh admin grup. Sayang, kan jika sudah diblokir dan tak bisa mengakses lagi informasi-informasi yang masih kamu butuhkan.

Mau tahu grup apa sajakan yang sering aku tengok ?  Ini dia, Please cekidot..

  1. Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia ( AIMI ), sebuah grup tertutup ( tadinya merupakan grup terbuka ) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, informasi tentang ASI dan prosentase ibu menyusui di Indonesia. Grup ini sangat cocok bagi calon ibu maupun ibu agar sukses menyusui anak-anaknya.
  2. Ibu-Ibu Doyan Nulis Interaktif ( IIDN ), sebuah grup terbuka  milik Komunitas IIDN sebuah komunitas yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas para ibu di berbagai hal khususnya MENULIS .
  3. Indonesia Homschooler ( IH ) Merupakan Grup tertutup, tetapi keanggotannya grup ini terbuka bagi keluarga praktisi HS/HE, pendidik, orang-orang yang tertarik & peduli pada HS/HE serta pendidikan anak, bukan institusi, lembaga, apalagi pedagang. Di grup ini para member bisa  saling berbagi ilmu, informasi atau diskusi tentang segala hal yg berhubungan dengan pendidikan informal (homeschooling), bahan ajar, parenting dan segala yang berkaitan dengan pendidikan di rumah (keluarga).
  4. Gentle Birth Untuk Semua ( GBUS ), Komunitas non-profit, support group, wadah berbagi dan berdiskusi seputar kehamilan dan persalinan. Visi : Menjembatani berbagai aspek yang ada dalam memandang kehamilan dan persalinan. Memposisikan ilmu pengetahuan, teknologi, kearifan budaya, serta spiritual, secara proporsional sesuai fungsi dan perannya untuk berjalan sinergi dan saling melengkapi. Berbagi pengetahuan dan pengalaman agar ibu hamil memberdayakan dirinya semaksimal mungkin dengan ilmu dan keterampilan, supaya kehamilannya berjalan sehat dan persalinannya aman, nyaman, lancar, dan minim trauma.
  5. Room For Children ( RFC ) Group ini merupakan ruang untuk berbagi informasi dan berdiskusi mengenai kesehatan anak bersama dengan beberapa dokter spesialis dan pakar lainnya .
  6. Natural Cooking Club  , Grup tertutup yang membahas masak memasak
  7. Homemade Healthy Baby Food , Grup tertutup   ini merupakan sarana sharing para orang tua dalam membuat dan menyiapkan makanan sehat untuk putra putrinya.
  8. ” Hidroponikku” Tempat berbagi seputar tanaman hidroponik  Misi Hidroponiku adalah untuk mempromosikan kemandirian dan gaya hidup sehat dengan menyebarluaskan tentang produksi tanaman hidroponik pada masyarakat luas.

Sebenarnya masih banyak grup yang lain, tapi berhubung mata sudah ngantuk, maka cukup delapan dulu yang aku tampilkan

Iklan

2 Tanggapan to “Facebook Sebagai Media Untuk Belajar”

  1. Ummi Aleeya 21 September 2014 pada 00.26 #

    Kereem Bun..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: