MPASI HOMEMADE

4 Feb
TEMPE,  BROKOLI, WORTEL, LABU KUNING

TEMPE, BROKOLI, WORTEL, LABU KUNING

Setelah lulus Asi Ekslusif enam bulan , sudah saatnya bagi Kenzie untuk mendapatkan Makanan Pendamping ASI ( MPASI ).  Dan dari awal aku sudah berniat  untuk memberikan MPASI rumahan / homemade, meskipun sekarang banyak produk makanan bayi instan yang beredar di pasaran. Memberikan MPASI homemade memang sedikit lebih ribet jika dibandingkan dengan membeli MPASI instan. Untuk membuat MPASI homemade, kita harus memilih dan membeli bahan-bahan sendiri kemudian memasak sendiri. Sedangkan MPASI instan cukup di seduh dan langsung bisa disajikan ke bayi.

NASI PUTIH, TEMPE, BROKOLI

NASI PUTIH, TEMPE, BROKOLI

Meskipun kelihatannya lebih repot, tapi sebenarnya setelah dijalankan ya tidak repot-repot amat juga. Peralatan yang digunakan pun sederhana saja . Cukup saringan kawat, talenan, panci kukus yang biasa diguinakan untuk memasak sehari hari juga .

NASI PUTIH, LABU KUNING, BROKOLI, TAHU

NASI PUTIH, LABU KUNING, BROKOLI, TAHU

Lantas  bagaimanakah caraku menyiapkannya ? Setiap pagi ketika sedang menanak nasi, aku usahakan untuk sekaligus menyiapkan bahan makanan yang akan dibuat bubur untuk Kenzie.Kebetulan aku lebih suka memasak seperti biasa, tidak menggunakan majic com. Bahan makanan tersebut bisa berupa brokoli, kacang panjang, buncis, labu kuning, tempe, tahu dan lain-lain sesuai selera. Kemudian aku taruh sekalian diatas nasi yang sedang ditanak dengan menggunakan mangkuk/wadah plastik. Yang perlu diperhatikan, wadah yang digunakan harus terbuat dari plastik yang tahan panas dan BPA free, agar aman digunakan meskipun terkena suhu tinggi.

NASI

Setelah kira-kira bahan makanan sudah matang, aku sisihkan untuk selanjutnya dicampur nasi, diuleg pakai  sendok dan disaring. Untuk bahan pengencernya  aku menggunakan ASI. Dan Alhamdulillah meskipun tanpa gula garam, anakku tetap doyan .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: