Wanita-wanita Inspiratif

27 Jan

Institut Ibu Profesional

Beruntung sekali, meski boleh dikatakan agak terlambat, tapi aku bersyukur karena masih berkesempatan mengenal wanita-wanita hebat meski bukan secara personal melainkan hanya melalui ide dan karya karyanya  di dunia maya. Wanita-wanita yang karya dan ide-idenya begitu menginspirasi dan sangat berpengaruh bagiku, khususnya dalam menjalankan profesi sebagai wanita dan ibu rumah tangga agar senantiasa memberdayakan diri dan meningkatkan kualitas diri. Dan wanita-wanita itu adalah :

1. SEPTI PENI WULANDANI dengan Institut Ibu Professional nya.

INSTITUT IBU PROFESIONAL yaitu tempat belajarnya para ibu yang ingin menjadi profesional di bidang pendidikan anak dan keluarga. Ibu Profesional adalah  komunitas para ibu dan calon ibu yang selalu meningkatkan kualitas diri dan keluarganya dengan ilmu yang bermanfaat.Sehingga bisa Menjalankan aktivitas keluarga secara profesional.

Institut Ibu Professional bersama-sama membuat sebuah gerakan untuk mengembalikan fungsi ibu sebagai pendidik utama dan pertama untuk anak dan keluarganya, bisa berperan sebagai manager keluarga,menjadi pribadi yang mandiri secara finansial tanpa harus meninggalkan anak dan keluarganya dan meningkat akhlak mulianya, sehingga bisa menjadi teladan bagi keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Insitut Ibu Professional melakukan kegiatan-kegiatan baik offline maupun online.

  1. Kuliah Rutin, dengan kurikulum yang sudah kami susun empat level yaitu Program Bunda Sayang, Program Bunda Produktif, Program Bunda Cekatan dan Program Bunda Sholihah.
  2. Kuliah umum Ibu Profesional, dengan prinsip semua orang adalah guru. Sehingga di forum ini bisa belajar apa saja dengan siapa saja.
  3. Family Gathering, untuk menjalin kehangatan keluarga dan menambah wawasan seluruh anggota keluarga, sehingga bisa melangkah dengan visi yang sama.

Untuk menjadi member Ibu Professionalpun mudah, cukup dengan mendaftarkan diri di website www,ibuprofessional.com. Kegiatan yang pernah aku ikuti di Insitut Ibu Professional adalah Perkuliahan Program Bunda Sayang , Program Bunda Cekatan,  ikut berlangganan program pembelajaran matematika di ixl.com dan bahasa Inggris di raz.kids.com.

Visi Ibu Profesional
Menjadi komunitas pendidikan perempuan yang paling unggul di Indonesia,wadah bagi seluruh Ibu Indonesia baik yang tinggal di dalam negeri maupun luar negeri untuk senantiasa berkembang meningkatkan kualitas diri dan keluarganya

Misi Ibu Profesional

  • Meningkatkan kualitas ibu dalam mendidik anak­-anaknya, sehingga bisa menjadi guru utama dan pertama bagi anak-­anaknya.
  • Meningkatkan kualitas ibu dalam mengelola rumah tangga dan keluarganya sehingga menjadi keluarga yang unggul.
  • Meningkatkan rasa percaya diri sang ibu, sehingga tetap bisa mandiri secara finansial tanpa harus meninggalkan anak dan keluarganya.
  • Meningkatkan peran ibu menjadi Agent of Change (agen pembawa perubahan) yang senantiasa akan berbagi dan menularkan virus perubahan kepada masyarakat.

2. MIRA JULIA / AAR SUMARDIONO dengan Rumah Inspirasi nya

Rumah Inspirasi

Ketika pertama kali memutuskan untuk menghomshoolingkan anak anak, Rumah Inspirasi benar benar menjadi referensi bagi kami. Bagaimana model pembelajaran yang akan kami jalankan. Membaca artikel-artikel di Rumah Inspirasi benar-benar menyejukkan, mampu mengusir kegalauan-kegalauan ketika awal masa-masa homeschooling anak-anakku. Pada bulan Juni 2011 aku pun berkesempatan untuk mengikuti webinar menggenai Homeschooling yang diadakan oleh Rumah Inspirasi. Walau tidak semua sesi, Alhamdulillah semakin memantapkan keyakinan dan langkahku , untuk mengambil penuh atas tanggung jawab pendidikan anak-anakku.

3. Indari Mastuti dengan IIDN ( Ibu-Ibu Doyan Nulis ) nya

Menulis bagiku adalah sebuah sarana untuk menuangkan ide, pikiran, sekaligus membuat jejak sejarah yang bisa digunakan untuk merefleksikan suatu eposide kehidupan dalam periode waktu tertentu, yang nantinya juga bisa di baca oleh anak-anakku ketika sudah besar nanti. Namun aku akui bahwa tulisanku hanya sekedar coretan iseng yang jika dibandingkan dengan penulis penulis profesional tentulah tak ada apa-apanya. Namun keinginan ke arah itu tentulah ada, dan beruntung sekali karena bisa gabung di sebuah Grup FB yang sangat support terhadap ibu-ibu yang ingin lebih produktif dalam hal Menulis. Apakah  IIDN ( Ibu-Ibu Doyan Nulis ) itu ?dan siapakan Foundernya ?

IIDN adalah sebuah Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis yang lahir pada 24 Mei 2010 dilatarbelakangi untuk meningkatkan produktivitas para ibu di berbagai hal khususnya MENULIS. Namun pada pergerakannya komunitas yang kini sudah berjumlah lebih dari 10ribu member yang tersebar di seluruh dunia mulai mendorong berbagai keterampilan di berbagai bidang, meskipun tetap diprioritaskan dalam pembinaan penulis dan calon penulis. Pembinaan dilakukan baik secara online maupun offline.

 VISI

Mencerdaskan perempuan Indonesia

MISI

  1. Menerbitkan minimal 1 buku untuk setiap anggota IIDN
  2. Meningkatkan produktifitas anggota di berbagai media di Indonesia
  3. Meningkatkan kemampuan anggota dalam bidang penulisan
  4. Mempererat kolaborasi positif antar anggota di berbagai bidang

PROFIL FOUNDER IBU-IBU DOYAN NULIS:

Indari Mastuti, memiliki nama lengkap Indari Mastuti Rezki Resmiyati Soleh Addy. Perempuan yang lahir di Bandung, 9 Juli 1980. Merupakan entrepreneur di bidang jasa copywriting dengan brand Indscript Creative. Serta memiliki usaha konsultasi dan pembentukan Personal Brand dengan nama Indscript Personal Branding. Ia sudah menulis lebih dari 50 judul buku yang tersebar di berbagai penerbitan di Indonesia serta menetaskan ratusan artikel sejak tahun 1996.

Indari pada saat ini sukses mengawal dua komunitas perempuan yaitu Ibu-ibu Doyan Nulis yang berjumlah 10.559 orang dan Ibu-Ibu Doyan Bisnis berjumlah 11.475 orang. Selain mengembangkan bisnis serta dua komunitasnya ini, Indari juga tercatat sebagai pengurus di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan pengurus di Indonesia Marketing Association (IMA). Pada tahun 2013, Indari melaunching Sekolah Perempuan, sebuah sekolah yang diperuntukkan bagi ibu rumah tangga.

Bisnis dan komunitas yang dikawalnya telah membuat Indari mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi di Indonesia, seperti Perempuan Inspiratif Nova (2010), Finalis Kusala Swadaya (2011), Juara 2 Wirausaha Muda Mandiri (2012), Perempuan Terinspiratif Indonesia Majalah Kartini (2012), Finalis Wanita Wirausaha Femina (2012), Juara 3 Kartini Awards (2012), Finalis Kartini Next Generation (2012), 100 Perempuan Pilihan Indonesia Mengubah Dengan Cinta SunLight (2013), dan Juara I Sekar Womenpreneur (2012).

Untuk kegiatan yang saat ini aku ikuti adalah Kelas Menulis Online ” Self EditingII” yang sudah berjalan sejak tanggal 21 Januari kemarin. Pembelajaran dilakukan setiap hari dari jam 20.00-22.00 wib dengan mendapatkan bimbingan dan pendampingan dari mentor.

Iklan

6 Tanggapan to “Wanita-wanita Inspiratif”

  1. Cauchy Murtopo 18 Oktober 2014 pada 06.50 #

    Sangat menakjubkaan wanitaa-wanita tersebut. Seperti juga ke-10 wanita ini yang mengubah dunia. Beberapa diantaranya dari Indonesia yang sudah diakui dunia. Baca pada link berikut ini: http://cauchymurtopo.wordpress.com/2013/03/23/10-wanita-yang-mengubah-dunia/

  2. yuni 18 Oktober 2014 pada 20.35 #

    luar biasa wanita wanita ini.. salut

  3. berlindewanfridiary 2 Agustus 2017 pada 16.31 #

    terimakasih sekali mb untuk tulisannya

    salam kenal saya berlin IIP JKT 3 batch 4 mb

Trackbacks/Pingbacks

  1. Inspirasiku | Catatan Bunda - 11 November 2015

    […] kita kenal melalui dunia maya , melalui tulisan maupun karya-karya yang kita baca. Pada posting sebelumnya pernah saya tulis beberapa wanita di dunia maya yang bagiku cukup memberikan inspirasi […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: