” Sukses” Membuat Kue Sarang Semut

22 Nov

ROTI KARAMEL

Melihat gambar kue di wall fb teman yang kelihatannya lezat seperti diatas, tiba tiba tergoda untuk membuatnya. Apalagi setelah dibaca-baca resepnya kayaknya kok gampang banget buatnya dan bahan-bahannyapun mudah di dapat. Cuma butuh Terigu, gula pasir, margarin, susu kental manis, soda kue, dan telor.

Padahal aku sadar akan kelemahanku, kalau aku nggak bisa masak yang macem-macem. Karena sudah terbukti beberapa kali mempraktekkan resep, tapi selalu gagal, bahkan pernah sengaja kubeli buku resep anti gagal pun tetap gagal..

BUKU RESEP

Tapi dengan dukungan dari anakku, Nabil yang ingin mencoba juga serta keinginanku untuk membuktikan pada suami bahwa aku bisa masak juga, akhirnya nekat juga mencoba bikin kue sarang semut, yang menurut resep cara membuatnya seperti ini :

Bahan Untuk Membuat Kue Sarang Semut :

100 gr tepung terigu
200 gr margarin, lelehkan
200 gr gula pasir
200 ml air
200 ml susu kental manis
1 sdt soda kue
5 btr telur ayam
Cara membuat kue sarang semut :
1. Panaskan 200 gr gula pasir sampai cair dan menjadi karamel, tambahkan air, aduk sampai gula karamel larut. Dinginkan.
2. Kocok 5 btr telur hingga berbuih, masukkan 200 ml susu, kocok hingga rata.
3. Tambahkan 100 gr tepung terigu , 200 gr margarin cair, aduk rata dan tambahkan air karamel dan soda kue. Aduk rata kembali.
4. Selanjutnya, Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan margarin dan ditaburi tepung tipis.
5. Panggang dalam oven dengan suhu 150 ‘C kurang lebih selama 45 menit.
6. Ankat. Tunggu hingga benar-benar dingin sebelum dipotong.
Maka sesuai dengan resepnya mulailah Nabil memanaskan gula pasir untuk membuat karamelnya, setelah aku lihat ternyata kok warnanya masih bening, aku pikir nih pasti kurang lama masaknya, jadi aku masak lagi bentar, tapi setelah dingin kok malah keras ya ? Sampai sini sudah ada firasat kalau bakal gagal lagi nih masakan.Tapi sudah terlanjur basah ,mau tak mau tetep lanjut dengan langkah langkah berikutnya sesuai petunjuk. Berhubung karamelnya nggak mungkin lagi buat dimasukkan, so karamelnya diganti pakai gula biasa. Setelah selesai bikin adonan , kok adonannya jadi encer banget ya ?? Aku baca-baca lagi, takutnya ada yang salah dengan komposisinya…Ternyata sudah bener semua komposisi bahan-bahannya, bahkan sebelum dibikin adonan sudah ditimbang dan ditakar dengan seksama. jadi mulai mikir, ini yang salah resepnya atau yang bikin kuenya ? Ahirnya karena terlalu encer, aku tambahin tepung terigu lagi, Meskipun masih tetep encer kemudian aku masukkan oven dan siap dipanggan. Setelah kira – kira setengah jam, ternyata adonan mulai mengembang   Mulai optimis lagi, sepertinya bakalan jadi nih kue. karena takut gosong setelah 40 menit aku panggan segera saja aku keluarkan dari oven, dan hasilnya seperti ini :

ROTI GAGAL

Ternyata setelah dingin kembali melempem, nggak ngembang lagi. Rasanya pun jadi aneh , nggak kaya kue sarang semut / kua karamel, tapi lebih mirip kua lumpur. Ahirnya kembali jadi bahan olok olok suami ternyata benar benar sukses membuktikan kegagalanku  membuat kue sarang semut

ROTI GAGAL 2

Iklan

3 Tanggapan to “” Sukses” Membuat Kue Sarang Semut”

  1. Mufid Al-Majnun 23 November 2013 pada 09.37 #

    enak banget bund… boleh nyicipi ndak ? hehe….

  2. Bunda Nafazayan 23 November 2013 pada 21.02 #

    Habis, soale biar produk gagal tapi tetep enak dimakan..

Trackbacks/Pingbacks

  1. Chocolate Cake Yang Lezat | Catatan Bunda - 31 Maret 2014

    […] pasti bisa bikin roti yang enak,  lagian mumpung libur juga.Walaupun sebelumnya pernah gagal waktu bikin kue sarang semut,  tapi dengan penuh rasa percaya diri,  hari ini aku mau praktekkan bikin “Chocholate […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: