Tips Berbuka Puasa Bersama

1 Agustus 2013 at 19.44 Tinggalkan komentar

Ilustrasi, Dreamstime.comBukber atau buka bersama dibulan Ramadahan kini sudah menjadi tradisi,baik antar keluarga, teman, instansi pemerintah maupun swasta, parpol, hingga istana kepresiden. Tujuan diadakannya buka bersama tentulah baik, yaitu mempererat tali silaturahmi, baik di lingkungan keluarga , antar karyawan di sebuah instansi. Agar tujuan yang baik ini tercapai dan tak mengalami pergeseran makna dari buka bersama ini mungkin perlu diperhatikan hal-hal berikut :

  1. Jernihkan niat, bahwa tujuan diadakan bersama adalah benar-benar untuk  mempererat tali silaturahmi, menjalin kebersamaan baik antar anggota keluarga, antar teman, ataupun antar karyawan , antar pejabat, antar atasan dan bawahan, tergantung siapa yang mengadakan buka bersama ini.
  2. Manfaatkan momen ini untuk menjalin keakraban, saling mengenal lebih dalam (  terkadang  belum tentu anggota yang hadir sudah saling kenal / dekat ) . Membaurlah dengan semua peserta .
  3. Jangan berlebihan . Ingatlah salah satu hikmah puasa agar kita bisa merasakan penderitaan orang-orang yang mungkin tidak seberuntung kita, bisa makan tiap hari. Rasanya nggak lucu jika saat buka dijadikan ajang balas dendam karena seharian menahan lapar.
  4. Ingatlah bahwa waktu sholat maghrib ke sholat Isa adalah waktu terpendek. Alangkah baiknya jika akan mengadakan buka bersama mempertimbangkan juga tempatnya. Sebaiknya dipilih yang ada mushola atau tempat sholat yang cukup memadai untuk sholat berjamaah, apabila peserta buka bersama cukup banyak,  sehingga tak ada tuh acara antri-antrian yang akan menghabiskan waktu , sehingga melupakan ibadah lainnya, dalam hal ini yang akan melakukan shalat taraweh tentunya.
  5. Jangan jadikan bukber  sekedar acara makan-makan, sebelum waktu berbuka tiba isilah dengan sekedar santapan rohani, diskusi atau apalah yang penting pembicaraan yang bermanfaat.
  6. Kebersamaan yang terjalin, jangan hanya terhenti di acara buka bersama. Setelah usai tetaplah jalin silaturahmi, kebersamaan, kerjasama yang baik, sehingga benar-benar terasa manfaatnya.

    Demikian sedikit tips, CMIIW, Selamat berbuka puasa bersama..

Iklan

Entry filed under: Uncategorized. Tags: , , .

Me Time Bagiku Adalah… Banyumas – Purbalingga demi Gentle Birth ( 2 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 651 pengikut lainnya

Blog Catatan Bunda kini bisa diakses melalui aplikasi Android dengan cara klik dan instal gambar di bawahini


%d blogger menyukai ini: