Banyumas – Purbalingga Demi Gentle Birth

25 Mei

YOGAMeskipun sudah mendapat restu dari WHO, hingga saat  ini konsep  Gentle Birth ( Persalinan yang lembut ) belum diterima sepenuhnya oleh dunia kedokteran. Belum banyak rumah sakit ataupun klinik bersalin yang sudah menerapkan konsep Gentle Birth. Begitu pula dengan dokter kandungan dan bidan, belum banyak yang pro terhadap prinsip Gentle Birth.

Pada awalnya agak pesimis juga, apakah pada saat persalinan nanti bisa bertemu dengan dokter atau bidan yang pro Gentle Birth. Alhamdulillah, memasuki minggu ke 36 ahirnya mendapatkan informasi dari teman bahwa di sebuah Rumah Sakit Bersalin di Purbalingga sudah ada dokter dan bidan yang pro Gentle Birth. Untuk lebih memastikan lagi, tanpa menunggu lebih lama segeralah periksa sekaligus melakukan USG 4 dimensi . Dan memang betul, setelah bertemu langsung dengan DSOG di sana , beliau membenarkadnn bahwa memang di Rumah Sakit bersalin tersebut sudah mengijinkan untuk bersalin dengan Gentle Birth, meskipun untuk Water Birth memang belum direkomendasikan . Kemudian dokterpun menyarankan untuk berkomunikasi dulu dengan salah satu bidan namanya bidan Dian, yang memang sudah biasa menangani persalinan dengan Gentle Birth. Sebenarnya dalam hati ada keraguan, apakah pada saatnya nanti bisa  bersalin di Purbalingga, karena jarak Banyumas Purbalingga lumayan jauh.  Apalagi hanya mengandalkan motor sebagai tranportasinya kesana nantinya.

Pengalaman Mengikuti Kelas Yoga Prenatal.

Untuk  bisa menjalani persalinan yang sealamiah mungkin diperlukan persiapan, baik persiapan fisik, maupun mental. Salah satunya dengan mengikuti kelas hipnobirthing dan Yoga Prenatal. Meskipun tinggal sebulan waktu yang tersisa, tapi tetap aku coba untuk mempersiapkan persalinan sebaik mungkin. Dua kali seminggu, setiap jam tiga sore berangkatlah ke PBG, kadang berankat sendiri kadang diantar suami. Nggak banyak yang mengikuti kelas ini, sekitar  tiga sampai lima orang. Meskipun sedikit, tapi cukup senang, selain bisa berkenalan dengan bumil lain bidan / instrukturnya juga care dan sangat perhatian dengan keluhan-keluhan kami. Di kelas yoga tersebut kami diajarkan mengenai tehnik-tehnik pernafasan, meditasi, dan banyak gerakan / latihan untuk menghadapi proses persalinan . Selain itu diberikan juga afirmasi-afirmasi positif, agar lebih tenang dan optimis .

Iklan

2 Tanggapan to “Banyumas – Purbalingga Demi Gentle Birth”

  1. puspita d.antheen 18 Oktober 2013 pada 11.53 #

    Nama rs nya apa ya bun?dktr/bidan yg menangani namanya sp?

    • Bunda Nafazayan 19 Oktober 2013 pada 01.54 #

      Terima kasih bunda, Rumah Sakit Bersalin Panti Nugroho, dokternya dr. Wargi , nama bidannya bu Dian..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: